PENGARUH CASHLESS SOCIETY DAN STRATEGI ONLINE TO OFFLINE TERHADAP KEPUTUSAN KEMITRAAN DENGAN ONLINE FOOD DELIVERY SERVICE (STUDI KASUS PADA PENGUSAHA KULINER DI WILAYAH KOTA SURAKARTA)PENGARUH CASHLESS SOCIETY DAN STRATEGI ONLINE TO OFFLINE TERHADAP KEPUT

  • Jafar Sodik UTP SURAKARTA
  • Trio Handoko UTP SURAKARTA
  • M. Nurhadi Sulistiyono UTP SURAKARTA

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi khususnya dalam bidang informasi memicu timbulnya metode pemasaran baru berbasis digital, layanan online food delivery service merupakan salah satu contoh dari strategi online to offline. Selain itu muncul perubahan gaya hidup masyarakat khususnya dalam melakukan transaksi keuangan hingga lahirlah cashless society. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur bagaimana pengaruh cashless society dan strategi online to offline terhadap keputusan para pengusaha kuliner di wilayah Kota Surakarta dalam melakukan hubungan kemitraan dengan layanan online food delivery.. Penelitian ini mengaplikasikan pendekatan kuatitatif dengan teknik analisis data regresi linier berganda yang diolah dengan program SPSS23. Para pengusaha kuliner yang sudah bermitra dengan platform online food delivery merupakan obyek dalam penelitian ini dengan mengambil sampel sebanyak 100 orang yang ditentukan dengan convenience smapling. Data dikumpulkan lewat kuesiner berbasis skala likert.

Melalui penelitian ini ditemukan bahwa cashless society dan strategi online to offline tidak berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap keputusan para pengusaha kuliner dalam bermitra dengan layanan online food delivery. Hal ini ditunjukkan melalui hasil Uji t pada variabel cashless society dan strategi online to offline terhadap keputusan kemitraan dengan online food delivery service yang masing-masing menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,612 dan 0,448 dimana nilai tersebut jauh melampaui standar nilai signifikansi yang ditentukan sebesar 0,05. Serta hasil uji Koefisien Determinasi R² yang menunjukkan nilai sebesar 0,010 yang berarti kedua variabel bebas hanya berpengaruh sebesar 1% terhadap variabel keputusan kemitraan dengan online food delivery service

Kata kunci:

Cashless Society, Online to Offline, Online Food Delivery Service, Keputusan  Kemitraan

Published
2021-08-23