PENGARUH VISUALISASI IKLAN TV TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN “PRODUK INDOFOOD” PADA MASYARAKAT DESA NGREDEN KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN KLATEN

  • Adam Wijoseno UTP SURAKARTA
  • Sri Wijiastuti UTP SURAKARTA
  • Agus Purwanto UTP SURAKARTA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menguji dan mengukur pengaruh secara parsial isi pesan, format pesan, dan sumber pesan terhadap perilaku konsumsi makanan produk Indofood pada masyarakat Desa Ngreden Kecamatan Wonosari Klaten. (2) Untuk menguji dan mengukur pengaruh langsung visualisasi iklan terhadap keputusan pembelian makanan produk Indofood pada masyarakat Desa Ngreden Kecamatan Wonosari Klaten (3) Untuk menguji dan mengukur visualisasi iklan dalam mediasi isi pesan, format, dan sumber iklan dampaknya terhadap keputusan pembelian makanan keputusan pembelian makanan produk Indofood pada masyarakat Desa Ngreden Kecamatan Wonosari Klaten.Penelitian dilakukan di Desa Ngreden Kecamatan Wonosari Klaten. Populasi dalam penelitian ini adalah semua masyarakat Desa Ngreden Kecamatan Wonosai Kabupaten Klaten yaitu 2.100 orang. Jumlah sampel diambil 100 orang. Adapun teknik analisis data menggunkan regresi linier causal step,

Hasil penelitian ditemukan bahwa secra parsial isi pesan, format pesan, dan sumber pesan terhadap keputusan pembelian makanan produk Indofood. Isi pesan, format pesan, dan sumberpesan memediasi pengaruh visulaisasi iklan terhadap keputusan pembelian makanan produk Indofood pada masyarakat Desa Ngreden Kecamatan Wonosari Klaten. Mediasi pengaruh dari Isi pesan, format pesan, dan sumber pesan terhadap visualisasi iklan bersifat semperuna (full mediasi).Isi pesan mempunyai dampak hubungan paling kuat dengan keputusan pembelian, sedangkan dampak yang paling lemah adalah sumber pesan.

Kata kunci:

Visualisasi Iklan,  Isi Pesan, Format Pesan, Sumberpesan, Keputusan Pembelian, Regresi Linier Causal Step

Published
2021-08-02