HUBUNGAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI TERHADAP KETEPATAN SHOOTING PADA EKSTRAKURIKULER FUTSAL SMP NEGERI 1 MAYONG KABUPATEN JEPARA

  • AGUSTANICO DWI MURYADI
  • ARIEF ROHMAN HAKIM

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih kurangnya kemampuan penguasaan teknik dasar (shooting) yang disebabkan oleh kondisi fisik pemain yang buruk. Dari latar belakang tersebut peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara kekuatan otot tungkai dengan akurasi shooting futsal pemain SMP Negeri 1 Mayong Kabupaten Jepara.

Desain penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini bersifat korelasi, yaitu menjelaskan hubungan antar variabel dengan menganalisis data numerik (angka) menggunakan metode statistik melalui pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Mayong Kabupaten Jepara yang mengikuti ekstrakurikuler futsal yang berjumlah 35 siswa. Karena penelitian ini menggunakan teknik total sampling maka sampel yang digunakan untuk penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Mayong Kabupaten Jepara yang mengikuti ekstrakurikuler futsal yang berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan adalah leg and back dynamometer dan tes shooting gawang bertarget. Analisis data menggunakan uji korelasi dengan taraf signifikasi 5%.

Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa besar nilai korelasi antara kekuatan otot tungkai terhadap ketepatan shooting adalah 0,424. Setelah angka korelasi didapat, selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis apakah terdapat kontribusi kekuatan otot tungkai terhadap ketepatan shooting di mana didapati rhitung =0,424. Pada taraf signifikan 5% didapati rtabel =0,334. Dengan demikian rhitung>rtabel atau 0,424>0,334. Hal ini menunjukan adanya korelasi antara variabel X dan variabel Y atau ada kontribusi yang signifikan antara rekuatan otot tungkai terhadap ketepatan shooting pada ekstrakurikuler futsal siswa di SMP Negeri 1 Mayong Kabupaten Jepara.

Author Biographies

AGUSTANICO DWI MURYADI
PJKR FKIP UTP SKA
ARIEF ROHMAN HAKIM
FKIP PJKR UTP SKA
Published
2019-01-01
How to Cite
MURYADI, A. D., & HAKIM, A. R. (2019). HUBUNGAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI TERHADAP KETEPATAN SHOOTING PADA EKSTRAKURIKULER FUTSAL SMP NEGERI 1 MAYONG KABUPATEN JEPARA. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 5(1). Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/797