PENGARUH LATIHAN MEDICINE BALL DAN LATIHAN SHOOTING SECARA CONTINUE TERHADAP FREETHROW DALAM PERMAINAN BOLA BASKET DI BISON PATRIOT ACADEMY KABUPATEN SRAGEN

  • Kadek Fewidya Jati Kusuma Wardhana Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Hartini Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui perbedaan pengaruh latihan medicine ball dan shooting secara continue terhadap Freethrow dalam permainan bola basket pada atlet putra usia 12-14 tahun bison patriot academy sragen tahun 2021. Manakah yang lebih maksimal pengaruhnya antara latihan medicine ball dan shooting secara continue terhadap Freethrow dalam permainan bola basket pada atlet putra usia 12-14 tahun bison patriot academy sragen tahun 2021.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi subyek dalam penelitian ini berjumlah 40 dan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling yang berjumlah 30 peserta di Gor Diponegoro, Kabupaten Sragen tahun 2021. Teknik pengumpulan data untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini menggunakan tes tembakan bola basket (11) ( Baterai test dari AAHPERD Basket Ball Test Manual dari Johnson & Nelson,1986: 275-279). Dalam penelitian ini peserta Bison Patriot Academy Kab. Sragen melaksanakan latihan medicine ball dan latihan shooting secara continue terhadap Freethrow bola basket.

Berdasarkan hasil analisis data : Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan medicine ball dan latihan shooting secara continue terhadap Freethrow bola basket pada atlet Bison Patriot Academy 2021. Dari perhitungan yang telah dilakukan kelompok latihan medice ball diperoleh nilai t sebesar 5.806, ternyata lebih besar  yaitu 2.131. Dari perhitungan yang telah dilakukan kelompok latihan shooting secara continue diperoleh nilai t sebesar 4.802, ternyata lebih besar  yaitu 2.131. Latihan medicine ball lebih baik pengaruhnya terhadap kemampuan Freethrow bola basket pada atlet Bison Patriot Academy Kab. Sragen 2021. Peningkatan kemampuan latihan Freethrow kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan latihan medicine ball) adalah sebesar 26,04% ? kelompok 2 (kelompok yang mendapat perlakuan latihan random practice ) yaitu sebesar 18%.

Kata kunci : Bola Basket,Medicine ball,Shooting Secara Continue,Freethrow

Published
2022-01-31
How to Cite
Kusuma Wardhana, K. F. J., & Hartini. (2022). PENGARUH LATIHAN MEDICINE BALL DAN LATIHAN SHOOTING SECARA CONTINUE TERHADAP FREETHROW DALAM PERMAINAN BOLA BASKET DI BISON PATRIOT ACADEMY KABUPATEN SRAGEN. Jurnal Ilmiah Spirit, 22(1), 29-40. https://doi.org/10.36728/jis.v22i1.1775

Most read articles by the same author(s)