PENINGKATAN IMUN TUBUH MELALUI GELAR SEPAK BOLA MASAL DAN TES KEBUGARAN JASMANI PADA KOMUNITAS U-30 KECAMATAN PLUPUH KABUPATEN SRAGEN

  • Kodrad Budiyono Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Hartini Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Bagus Kuncoro Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Pipit Fitria Yulianto Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Risa Agus Teguh Wibowo Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Ronny Suryo Narbito Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
Keywords: Kesegaran Jasmani, Sepak bola u 30, Imun Tubuh

Abstract

Sepak bola u 30 secara Kesegaran Jasmani merupakan aktivitas gerak untuk peningkatan kesegaran jasmani yang dilakukan masyarakat secara massal melalui permainan sepakboloa yang berwujud pertandingan yang terstruktur. Sepak bola u 30 secara Kesegaran Jasmani dapat dilakukan dengan kelompok besar dan kelompok kecil seringkali disebut olahraga beregu serta sepakbola u 30 ini menarik minat dan motivasi masyarakat khususnya kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen. Selain sepak bola u 30 secara aerobik masyarakat Plupuh juga sangat perlu diketahui juga seberapa tingkat kebugaran jasmaninya.

Sasaran kegiatan ini adalah peningkatan imun tubuh melalui gelar sepak bola u 30 secara massal dan tes kebugaran pada komunitas sepak bola u 30 dikecamatan Plupuh kabupaten Sragen. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 2 bulan untuk memfasilitasi sasaran agar lebih maju, berkembang dan sistematis. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan imun tubuh pasca pandemic covid yang berkepanjangan ini yaitu melalui gelar sepak bola u 30 secara massal dan tes kebugaran pada komunitas sepak bola u 30 dikecamatan Plupuh kabupaten Sragen berkembang lebih maksimal.

Hasil bentuk kegiatan pengabdian masyarakat berbentuk (1) peningkatan imun tubuh dimasa pandemi melalui gelar sepak bola massal U 30 berjalan dengan baik. (2) tes kebugaran pada komunitas sepak bola dikecamatan plupuh kabupaten Sragen berjalan lancar.

Published
2023-01-31