PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN DRILL DAN POLA PUKULAN TERHADAP KETERAMPILAN LOB BULU TANGKIS PADA SISWA EXTRAKURIKULER BULU TANGKIS

  • Muchhamad Sholeh Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Teguh Andibowo Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Abstract

ABSTRAK

            Tujuan penelitian untuk mengetahui (1). Untuk mengetahui Perbedaan pengaruh pendekatan sistem latihan drill dan pola pukulan terhadap keterampilan lob bulutangkis pada siswa putra extrakurikuler Bulu Tangkis UKM Bulutangkis UTP Surakarta tahun ajaran 2020/2021. (2). Untuk mengetahui manakah yang lebih baik pengaruhnya antara pendekatan sistem latihan drill dan pola pukulan terhadap keterampilan lob bulutangkis pada siswa putra extrakurikuler Bulu Tangkis UKM Bulutangkis UTP Surakarta tahun ajaran 2020/2021.

            Populasi dalam penelitian adalah pada siswa putra extrakurikuler Bulu Tangkis UKM Bulutangkis UTP Surakarta tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 45. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive random sampling. Sempel dalam penelitian ini adalah pada siswa putra extrakurikuler Bulu Tangkis UKM Bulutangkis UTP Surakarta tahun ajaran 2020/2021yang berjumlah 30 orang.. Variabel penelitian ini yaitu latihan keterampilan lob dengan latihan drill dan pola pukulan sebagai variabel bebas serta keterampiran pukulan lob bulu tangkis variabel terikat. Rancangan penelitian menggunakan pretest-posttest design. Tes untuk mengetahui kemampuan pukulan lob bulutangkis menggunakan “Untuk mengukur kemampuan pukulan lob bulutangkis dengan high clear test dari Frank Verducci (1980: 30). Metode analisis data penelitian menggunakan rumus t-test yang diperhitungkan menggunakan rumus pendek.

            Hasil analisis data maka simpulan diperoleh: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode latihan drill dan pola pukulan terhadap keterampilan lob bulutangkis pada siswa putra extrakurikuler Bulu Tangkis UKM Bulutangkis UTP Surakarta tahun ajaran 2020/2021. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan tes akhir masing-masing kelompok yaituthitung= 0.5261 lebih besar dari pada ttabel= 2,145 dengan taraf signifikasi 5%. (2). Metode drill lebih baik pengaruhnya dari pada metode latihan pola pukulan terhadap keterampilan lob bulutangkis pada siswa putra extrakurikuler Bulu Tangkis UKM Bulutangkis UTP Surakarta tahun ajaran 2020/2021. Berdasarkan persentase peningkatan terhadap keterampilan lob bulutangkis menunjukkan bahwa kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan dengan metode drill) adalah 39.72% > kelompok 2 (kelompok yang mendapat perlakuan metode pola pukulan) adalah 40.438%.

Kata Kunci : latihan drill, pola pukulan, lob bulutangkis

Published
2022-01-31
How to Cite
Muchhamad Sholeh, & Andibowo, T. (2022). PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN DRILL DAN POLA PUKULAN TERHADAP KETERAMPILAN LOB BULU TANGKIS PADA SISWA EXTRAKURIKULER BULU TANGKIS. Jurnal Ilmiah Spirit, 22(1), 61-72. https://doi.org/10.36728/jis.v22i1.1823

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>