UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DAN MINAT MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING FKIP UTP SURAKARTA TAHUN 2012-2013

  • USMANI HARYANTI

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Meningatkan keterampilan menulis melalui penerapan pendekatakan kontekstual pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling FKIP-UTP Surakarta. 2) Meningkatkan minat menulis melalui pendekatakan kontekstual pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling FKIP-UTP Surakarta.

Penelitian dilaksanakan pada semester II Progdi BK FKIP UTP Surakarta dengan mengggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Subjek penelitian seluruh mahasiswa Progdi BK FKIP Surakarta semester II yang berjumlah 48 mahasiswa.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan  analisis secara deskriptif, yakni membandingkan: minat belajar mahasiswa dan nilai tes keterampilan menulis antarsiklus. Analisis nilai tes dilakukan sebelum dan setelah melalui pendekatan kontekstual/CTLsebanyak tiga siklus. Kemudian, data berupa skor minat belajar mahasiswa, serta nilai keterampilan menulis antar siklus dibandingkan hingga hasilnya mencapai  indikator keberhasilan yang telah ditetapkan.

Hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Penerapan pendekatan CTL dapat meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah pada mahasiswa semester II Progdi BK FKIP UTP Surakarta. Peningkatan keterampilan menulis dapat diketahui dari data awal nilai rata-rata keterampilan menulis 66,25 ketuntasan secara klasikal 47,92%. Nilai rata-rata keterampilan menulis siklus I sebesar 69,38 ketuntasan secara klasikal telah mencapai 62,50%. Nilai rata-rata keterampilan menulis siklus II sebesar 72,92 ketuntasan secara klasikal telah mencapai 77,08%. Nilai rata-rata keterampilan menulis siklus III sebesar 77,50 ketuntasan secara klasikal sebesar 91,67%. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa nilai rata-rata maupun ketuntasan kelasikal yang dicapai mahasiswa telah memenuhi indikator kinerja. 2) Melalui pendekatan CTL dapat meningkatkan minat belajar keterampilan menulis mahasiswa semester II Progdi BK FKIP UTP Surakarta. Peningkatan minat belajar menulis diketahui dari meningkatnya minat belajar selama mengikuti pembelajaran melalui lembar pengamatan. Minat belajar keterampilan menulis siklus I ketuntasan klasikal sebesar 61,46%, siklus ke II meningkat menjadi 67,50%, dan siklus III meningkat menjadi 76,46%. Hasil tindakan melalui pendekatan CTL diketahui jumlah mahasiswa mendapat skor 70 ke atas mencapai 76,46% sehingga diasumsikan bahwa sebagian besar mahasiswa telah menuntaskan minat belajar keterampilan menulis karya ilmiah.

Author Biography

USMANI HARYANTI
FKIP-POK UTP SKA
Published
2013-07-02
How to Cite
HARYANTI, U. (2013). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DAN MINAT MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING FKIP UTP SURAKARTA TAHUN 2012-2013. Jurnal Ilmiah Spirit, 13(2). https://doi.org/10.36728/jis.v13i2.261

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>