PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAPMINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP MURNI SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

  • USMANI HARYANTI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh hasil dan mengetahui ada tidaknya pengaruh bimbingan kelompok terhadap minat belajar siswa kelas VIII di SMP MURNI Surakarta.

Metodepenelitiandenganjenispenelitiankuantitatifdenganrancanganpenelitiandeskriptifkomparasi.Denganmengunakan one grup pre-test and post-test design.Dengansampel 70 siswaatau 20% dari 350 siswakelas VIII MURNISurakarta.Teknikpengambilan sampling dalampenelitianinimenggunakan sampling jenuhyaknipenetuansampelbilasemuaanggotapopulasidigunakansebagaisampel. Hal iniseringdilakukanbilajumlahpopulasirelatifkecil.

Hasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwaadabimbingankelompokminatbelajarsiswa rata-rata hanya 74,64%, sedangkansetelahadanyabimbingankelompokminatbelajarsiswameningkatsebesar 81,29%, nilai p= 0,000(P<0,05) yang artinya Ho ditolak,jaditerdapatperbedaan yang signifikanantaraminatbelajarsebelumdansesudahbimbingankelompok.

Kesimpulan yang dapatditarikadalahbimbingankelompokefektifuntukmeningkatkanminatbelajarsiswakelas VIII SMP MURNI Surakarta.

Author Biography

USMANI HARYANTI
FKIP PKO UTP SKA
Published
2016-01-01
How to Cite
HARYANTI, U. (2016). PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAPMINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP MURNI SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Jurnal Ilmiah Spirit, 16(1). https://doi.org/10.36728/jis.v16i1.430

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>