PROGRAM PEMBINAAN ATLETIK NOMOR LARI JARAK JAUH DI KLUB TIGER LOCOMOTIVE KOTA SALATIGA

  • SUNJOYO SUNJOYO

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah : Bagaimana perencanaan, rekrutmen atlet, pelatih, program latihan dan bagaimana dengan hasil pembinaan terhadap program pembinaan olahraga atletik, sosialisasi, dukungan pemerintah, masyarakat dan sumber daya manusia  di Klub “ Tiger Locomotive†Kota Salatiga.

Penelitian ini merupakan studi fenomenologi, dengan menggunakan evaluasi program ini menggunakan model CIPP (context, Input, Proces, dan Product). Subyek penelitian meliputi pengurus, pelatih, atlet, orang tua atlet, dan masyarakat sekitar tempat latihan atletik. Teknik pengambilan data melalui 4 cara, yaitu dengan (1) wawancara (2) observasi (3) dokumentasi dan (4) kusioner. Sumber data yang diteliti adalah Klub Tiger Locomotive Kota salatiga. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif.

Setelah meninggalnya Bapak Alwi Mugiyanto, banyak kendala yang terjadi terutama atlet-atlet potensial menjadi rebutan oleh banyak pihak, sumber pendanaan tidak ada, prestasi atlet tidak meningkat. Manajemen klub harus dibuat lebih profesional dengan menggandeng pihak-pihak lain yang berkompeten di bidangnya, misalnya bekerjasama dengan pemerintah daerah atau pihak swasta.

 

Author Biography

SUNJOYO SUNJOYO
FKIP PKO UTP SKA
Published
2014-07-02
How to Cite
SUNJOYO, S. (2014). PROGRAM PEMBINAAN ATLETIK NOMOR LARI JARAK JAUH DI KLUB TIGER LOCOMOTIVE KOTA SALATIGA. Jurnal Ilmiah Spirit, 14(2). https://doi.org/10.36728/jis.v14i2.277