PELATIHAN KONSELING KELOMPOK KOGNITIF BEHAVIOR BERBASIS EXPERIENTAL LEARNING BAGI GURU BK DI KABUPATEN BOYOLALI

  • Diana Dewi Wahyuningsih Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Imam Setyo Nugroho Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Hartini Hartini Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Ninda Beny Asfuri Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Sunjoyo Sunjoyo Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Catur Wahyudi Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Valencia Diva Maharani Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
Keywords: Experiential Learning, Cognitive Behavioral, Konseling

Abstract

Konselor sekolah telah memiliki pengalaman dalam praktik konseling kelompok, tetapi belum semuanya memiliki keterampilan dalam pendekatan konseling. Melalui transformasi pengalaman maka diharapkan konselor dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan baru. Experiential learning adalah metode yag sesuai untuk memfasilitasi peningkatan keterampilan konselor, karena experiential learning adalah proses penciptaan pengetahuan melalui transformasi pengalaman. Melalui konseling kognitif behavioral konselor dapat belajar prinsip-prinsip dan prosedur pengubahan pikiran dan perilaku, sehingga siswa dapat memperoleh prinsip dalam pemecahan masalah secara prosedural. Kondisi saat ini disekolah perlu untuk meningkatkan keterampilan konselor, secara praktis dan tepat untuk membantu siswa mengentaskan permasalahan seperti: penyesuaian terhadap hubungan sosial, penyesuaian terhadap tuntutan kurikulum sekolah, penyesuaian dalam pergaulan dan lain sebagainya. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk membantu konselor agar memiliki wawasan konseling kelompok kognitif behavioral, melalui pelatihan ini diharapkan konselor dapat membantu siswa dalam pengentasan masalah di bidang pribadi sosial, belajar dan karir.

References

Beck, J. S., & Beck, A. T. (n.d.). COGNITIVE Basics and Beyond.

Bemak, F., & Chung, R. C. Y. (2008). New professional roles and advocacy strategies for school counselors: A multicultural/social justice perspective to move beyond the nice counselor syndrome. Journal of Counseling and Development, 86(3), 372–381. https://doi.org/10.1002/j.1556-6678.2008.tb00522.x

Burns, S., & Cruikshanks, D. R. (2017). Evaluating Independently Licensed Counselors’ Articulation of Professional Identity Using Structural Coding. The Professional Counselor, 7(2), 185–207. https://doi.org/10.15241/sb.7.2.185

Edwards, L., Grace, R., & King, G. (2014). Importance of an Effective Principal-Counselor Relationship. Alabama Journal of Educational Leadership, 1(September), 34–42. Retrieved from http://search.proquest.com.er.lib.k-state.edu/eric/docview/1826531764/8BD3B941CEB74289PQ/42

Kohonen, V. (2004). Learning to learn through reflection – an experiential learning perspective. 1–10.

Makinson, R. A., & Young, J. S. (2012). Counseling and Neuroscience Meet. 90(April), 131–140.

Morgenstern, J., Keller, D. S., Morgan, T. J., McCrady, B. S., & Carroll, K. M. (2001). Manual-guided cognitive-behavioral therapy training: A promising method for disseminating empirically supported substance abuse treatments to the practice community. Psychology of Addictive Behaviors, 15(2), 83–88. https://doi.org/10.1037/0893-164X.15.2.83

Murray, L. K., Skavenski, S., Michalopoulos, L. M., Bolton, P. A., Bass, J. K., Familiar, I., … Cohen, J. (2014). Counselor and Client Perspectives of Trauma-Focused Cognitive Behavioral Therapy for Children in Zambia: A Qualitative Study. Journal of Clinical Child and Adolescent Psychology, 43(6), 902–914. https://doi.org/10.1080/15374416.2013.859079

Myrick, R. D. (2011). Developmental guidance and counseling?: a practical approach.

Wolf, M., & Mehl, K. (2011). Experiential Learning in Psychotherapy?: Ropes Course Exposures as an Adjunct to Inpatient Treatment. 74(May 2010), 60–74.

Published
2023-01-31