SOSIALISASI STRATEGI PEMBELAJARAN RENANG GAYA PUNGGUNG MELALUI PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN JASMANI UTP TAHUN 2020

  • Satrio Rumpoko Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Sunjoyo Sunjoyo Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
Abstract views: 7 , pdf downloads: 9

Abstract

Abstrak

Semenjak munculnya wabah covid19 di Indonesia, proses pembelajaran khususnya didalam perkuliahan pun harus mencari suatu inovasi supaya kegiatan pembelajaran tetap terlaksana. Salah satu mata kuliah yang harus berinovasi dalam pembelajarannya yaitu mata kuliah renang dengan materi renang gaya punggung. Inovasi yang akan diterapkan salah satunya menggunakan media audio visual sebagai sarana belajar. Proses kegiatan pembelajaran mahasiswa pun akan memberkan dampak positif dan memberikan inovasi dalam pembelajaran.

Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu ceramah, tanya jawab dan praktik renang gaya punggung dengan menggunakan video.

Berdasarkan kegiatan pengabdian ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Kegiatan  pengabdian  ini  dapat memberikan dampak positif bagi mahasiswa, 2) Penggunaan media audio visual sebagai perkuliahan pembelajaran renang gaya punggung. 3) Sebagai kegiatan yang tetap aktif di masa pandemi covid-19.

Kata kunci: Pembelajaran, Renang, Audio visual.

Published
2021-01-18