BATUKARAS MENUJU DESA MENDUNIA: PENGEMBANGAN PRODUK UMKM DALAM PERSPEKTIF DIPLOMATIK DAERAH

  • Windy Dermawan Universitas Padjadjaran
  • Gilang Nur Alam Universitas Padjadjaran
  • Fuad Azmi Universitas Padjadjaran
  • Kiagus Zaenal Mubarok Universitas Padjadjaran
Keywords: Batukaras, Desa wisata, Diplomatik, Ekonomi Kreatif, UMKM

Abstract

Indonesia memiliki beragam objek wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan lokal dan asing. Salah satu daerah di Indonesia yang menjadi destinasi wisata yaitu Kabupaten Pangandaran. Pada kabupaten ini, terutama Desa Batukaras, menjadi destinasi pariwisata mendunia dalam perspektif diplomatik dengan potensi alam, ekonomi dan budayanya. Meskipun memiliki potensi besar, peningkatan dan pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif lokal masih menghadapi sejumlah tantangan. Berdasarkan hal tersebut, dilaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para pelaku UMKM Desa Batukaras agar dapat mempromosikan produknya di level nasional dan internasional dalam perspektif diplomatik. Kegiatan ini melibatkan para pemangku kepentingan di desa melalui kolaborasi. Metode kegiatan ini adalah pendidikan masyarakat dan pelatihan. Kegiatan ini memberikan wawasan pengembangan ekonomi ke pasar global dalam perspektif diplomatik dan kegiatan pendidikan masyarakat mengenai pentingnya pengembangan usaha secara nasional dan internasional melalui promosi digital dan pelatihan pemanfaatan platform media online bagi pengembangan produk UMKM di Desa Batukaras ke pasar global. Dalam kegiatan ini, dihasilkan pentingnya komitmen dari para pemangku kepentingan di Desa Batukaras untuk berkolaborasi dalam membangun iklim yang kondusif bagi pengembangan potensi UMKM di Desa Batukaras agar daerah ini dikenal publik global dengan aktivitas diplomatik daerah.

Published
2024-06-26