PERSPEKTIF FENOMENOLOGI DAN APLIKASINYA DALAM PENELITIAN SOSIOLOGI OLAHRAGA

  • Shodiq Hutomono

Abstract

Karakteristik dari studi ilmu keolahragaan adalah fenomena manusia dalam konteks keolahragaan menjadi amat kompleks karena mengandung muatan aspek biologis, psikologis, budaya dan antropologis.

Sosiologi mempelajari tingkah laku manusia sebagai anggota masyarakat, tidak sebagai individu yang terlepas dari kehidupan masyarakat. Fokus bahasan sosiologi adalah interaksi manusia, yaitu pada pengaruh timbal balik di antara dua orang atau lebih dalam perasaan, sikap, dan tindakan.

Sosiologi olahraga mula-mula tumbuh dengan meminjam konsep sosiologi. Cangkokan konsep dari disiplin induknya itu kemudian berkembang dengan memanfaatkan ‘bahan mentah’ dari pengalaman secara empirik mengenai aktivitas olahraga yang dipandang sebagai sebuah fenomena sosial.

Perspektif fenomenologis untuk rumpun ilmu social-behavioral dalam hal ini sosiologi olahraga (sport sociology) digunakan sebagai pendekatan untuk memperoleh pengetahuan dan dikaji dalam tulisan ini.

Author Biography

Shodiq Hutomono
FKIP PKO UTP SKA
Published
2015-01-01
How to Cite
Hutomono, S. (2015). PERSPEKTIF FENOMENOLOGI DAN APLIKASINYA DALAM PENELITIAN SOSIOLOGI OLAHRAGA. Jurnal Ilmiah Spirit, 15(1). https://doi.org/10.36728/jis.v15i1.292

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>