AMPLIKASI SENAM AEROBIC HIGH IMPACT DAN LOW IMPACT TERHADAP PENURUNAN PRESENTASE LEMAK TUBUH PADA KEPALA SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN BANJARSARI SURAKARTA

  • Kodrad Budiyono

Abstract

Senam aerobik adalah suatu rangkaian dari latihan-latihan aerobik seperti jogging, running, walking, dan jumping yang disusun sedemikian rupa dengan gerakan penghubung yang serasi dengan musik yang menyatu dengan gerakan, dengan memperhatikan gerakan-gerakan lengan, pinggang, tungkai yang bisa dilakukan sendiri-sendiri atau kelompok. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh latihan Senam Aerobik Aerobik High Impact dan Low Impact terhadap Penurunan Persentase Lemak Tubuh Pada Kepala Sekolah Dasar Se- Kecamatan Banjarsai Surakarta 2014/2015. (2) Latihan yang lebih baik pengaruhnya antara Senam Aerobik Aerobik High Impact dan Low Impact terhadap Penurunan Persentase Lemak Tubuh Pada Kepala Sekolah Dasar Se- Kecamatan Banjarsai Surakarta 2014/2015.

Untuk mencapai tujuan penelitian yang telah ditetapkan, Penelitian Eksperimen ini dilaksanakan dengan desain Pretest-Posttest. Penelitian ini diarahkan ke penelitian eksperimen yang menggunakan pendekatan Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini epala sekolah SD Se kecamatan Banjarsari Surakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling.. Sampel diambil keseluruhan dari populasi tiap kelasnya, sehingga besarnya sampel yang digunakan sebanyak 30 orang.  Teknik pengumpulan data yang digunakan tes dan pengukuran Penurunan Persentase Lemak Tubuh. Teknik analisis data yang digunakan dengan uji t pada taraf signifikansi 5%.

Author Biography

Kodrad Budiyono
FKIP PKO UTP SKA
Published
2015-01-01
How to Cite
Budiyono, K. (2015). AMPLIKASI SENAM AEROBIC HIGH IMPACT DAN LOW IMPACT TERHADAP PENURUNAN PRESENTASE LEMAK TUBUH PADA KEPALA SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN BANJARSARI SURAKARTA. Jurnal Ilmiah Spirit, 15(1). https://doi.org/10.36728/jis.v15i1.293

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>