PERAN ORANG TUA DALAM MENDUKUNG KEGIATAN BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR KELAS BAWAH

  • Arif Rohman Hakim Universitas Tunas Pembangunan Surakarata (UTP)
  • Kodrad Budiyono Universitas Tunas Pembangunan Surakarata (UTP)
  • Agustanico Dwi Muryadi Universitas Tunas Pembangunan Surakarata (UTP)
  • Rima Febrianti Universitas Tunas Pembangunan Surakarata (UTP)
  • Karlina Dwijayanti Universitas Tunas Pembangunan Surakarata (UTP)
  • Aan Budi Santoso Universitas Tunas Pembangunan Surakarata (UTP)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dalam membantu anak sekolah dasar di kelas rendah dalam belajar. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi, penyampaian, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua berperan sebagai pendukung pembelajaran dengan bertindak sebagai mentor, penghubung antara guru dan anak, dan penyedia layanan pendukung. Selain itu, ada beberapa hambatan dalam pelaksanaannya, seperti orang tua yang tidak memahami materi pembelajaran dan kecenderungan anak untuk menurunkan motivasinya. Oleh karena itu, orang tua berusaha mencari berbagai sumber untuk mendorong anak dan meningkatkan pemahaman mereka.

Published
2024-07-03
How to Cite
Hakim, A. R., Kodrad Budiyono, Agustanico Dwi Muryadi, Rima Febrianti, Karlina Dwijayanti, & Aan Budi Santoso. (2024). PERAN ORANG TUA DALAM MENDUKUNG KEGIATAN BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR KELAS BAWAH. Jurnal Ilmiah Spirit, 24(2), 107-111. https://doi.org/10.36728/jis.v24i2.3661

Most read articles by the same author(s)