PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAPMINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP MURNI SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh hasil dan mengetahui ada tidaknya pengaruh bimbingan kelompok terhadap minat belajar siswa kelas VIII di SMP MURNI Surakarta.
Metodepenelitiandenganjenispenelitiankuantitatifdenganrancanganpenelitiandeskriptifkomparasi.Denganmengunakan one grup pre-test and post-test design.Dengansampel 70 siswaatau 20% dari 350 siswakelas VIII MURNISurakarta.Teknikpengambilan sampling dalampenelitianinimenggunakan sampling jenuhyaknipenetuansampelbilasemuaanggotapopulasidigunakansebagaisampel. Hal iniseringdilakukanbilajumlahpopulasirelatifkecil.
Hasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwaadabimbingankelompokminatbelajarsiswa rata-rata hanya 74,64%, sedangkansetelahadanyabimbingankelompokminatbelajarsiswameningkatsebesar 81,29%, nilai p= 0,000(P<0,05) yang artinya Ho ditolak,jaditerdapatperbedaan yang signifikanantaraminatbelajarsebelumdansesudahbimbingankelompok.
Kesimpulan yang dapatditarikadalahbimbingankelompokefektifuntukmeningkatkanminatbelajarsiswakelas VIII SMP MURNI Surakarta.
![](http://ejournal.utp.ac.id/public/journals/50/cover_article_430_en_US.jpg)