GAYA MENGAJAR RESIPROKAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PASSING SEPAK BOLA SISWA

  • Muhammad Tegar Efendi Universitas PGRI Palembang
  • M. Taheri Akbar Universitas PGRI Palembang
  • Hertilaniar Universitas PGRI Palembang
  • Hengki Kumbara Universitas PGRI Palembang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh gaya mengajar resiprokal terhadap hasil belajar materi passing sepak bola pada siswa SMP Negeri 2 Belitang Mulya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen sebagai langkah pelaksanaannya. Pola eksperimen yang dipilih adalah quasi eksperimen one group pretest-postest. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII berjumlah 102, sedangkan sampel diambil menggunakan acak cluster berjumlah 31 orang siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar afektif, psikomotor dan kognitif hasil belajar passing sepak bola. Analisis data menggunakan uji paired sample t test dengan bantuan SPSS. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa nilai t -8,407 bersifat negative artinya nilai postest memiliki pengaruh lebih besar dari nilai postest. Dengan demikian disimpulkan bahwa gaya mengajar resiprokal memiliki pengaruh terhadap hasil belajar materi passing sepak bola pada siswa SMP Negeri 2 Belitang Mulya.

Kata Kunci: Gaya; Resiprokal; Passing; Sepakbola

Published
2025-04-28
How to Cite
Muhammad Tegar Efendi, M. Taheri Akbar, Hertilaniar, & Hengki Kumbara. (2025). GAYA MENGAJAR RESIPROKAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PASSING SEPAK BOLA SISWA. Jurnal Ilmiah Spirit, 25(2), 1-6. https://doi.org/10.36728/jis.v25i2.4783