PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TEKNIK DRIBBLE SEPAK BOLA BERBASIS PERMAINAN UNTUK SISWA SMP KOTA PALEMBANG

  • Arif Nur Rahman Universitas PGRI Palembang
  • Muhsana El Cintami Lanos Universitas PGRI Palembang
  • Hengki Kumbara Universitas PGRI Palembang

Abstract

Produk pengembangan pembelajaran teknik dribble sepak bola berbasis permainan dirancangn untuk mengatasi permasalahan dalam belajar dilingkungan SMP Kota Palembang. Tujuan pengembangan ini untuk mengetahui model pembelajaran yang valid dan praktis digunakan siswa SMP Kota Palembang. Metode yang dikembangkan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari Analisis, Desain, Development, Implementasi dan Evaluasi. Validator ahli terdiri dari validator permainan, validator pembelajaran dan validator media. Uji coba dilaksanakan di SMP Negeri 30 Palembang. Pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan/kuisioner. Analisis data menggunakan analisis persentase. Berdasarkan temuan hasil penelitian diterangkan bahwa pembelajaran teknik dasar dribble sepak bola valid digunakan untuk siswa SMP Negeri Kota Palembang, karena memiliki nilai validasi sebesar 84%. Pembelajaran teknik dasar dribble sepak bola praktis digunakan untuk siswa SMP Negeri Kota Palembang, karena memiliki nilai kepraktisan sebesar 83%. Produk akhir berupa buku pedoman rancangan pembelajaran berbasis permainan untuk teknik dribble permainan sepak bola.

References

Aditia, D. A. (2015). Survei Penerapan Nilai-Nilai Positif Olahraga dalam Interaksi Sosial Antar Siswa di SMA Negeri se Kabupaten Wonosobo. Journal of Physical Education, Sport, Healt and Recreations, 4(12). https://doi.org/10.15294/active.v4i12.8799

Badri, H. (2020). Aktivitas Olahraga Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Sporta Saintika, 5(1). sportasaintika.ppj.unp.ac.id

Budi, Atiq, & Yunitaningrum, W. (2015). Pengaruh Metode Bermain Terhadap Hasil Belajar Dribbling Sepak Bola. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran: Khatulistiwa, 4(4).

Dewi, S. L. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Permainan pada Pendidikan dan Perkembangan Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(2). https://doi.org/10.31004/aulad.v5i2.346

Fabio, S., & Kartiko, D. C. (2022). Tingkat Aktivitas Fisik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi pada Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 10(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani

Fathurrahman, M., Aryadi, D., & Rahmat, A. (2020). Peranan Olahraga dalam Meningkatkan Kesehatan Dimasyarakat Kabupaten Lebak. De Banten-Bode: Jurnal Pengabdian Masyarakat Setiabudhi, 1(2). https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/DeBode

Festiawan, R., Nurcahyo, P. J., & Pamungkas, H. J. (2019). Pengaruh Latihan Small Sided Games Terhadap Kemampuan Long Pass Peserta Ekstrakurikuer Sepak Bola. Media Ilmu Keolahragaan, 9(1). https://doi.org/10.15294/miki.v9i1.20666

Gema, A. R., Rumini, & Soenyoto, T. (2016). Manajemen Kompetisi Sepak Bola Sumsel Super League (SSL) Kota Palembang. Journal of Physical Education and Sport, 5(1). https://doi.org/10.15294/jpes.v5i1.13273

Giordano, L., Federici, A., Valentini, M., & D'Elia, F. (2019). Dribbling in Fottball: Confronting Learning Theories. Journal of Humans Sport and Exercise. http://dx.doi.org/10.14198/jhse.2019.14.Proc2.10

Gutawa, W. A., & Kafrawi, F. R. (2022). Analisis Teknik Dasar Sepak Bola pada Anak Usia Dini. Jurnal Kesehatan Olahraga, 10(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kesehatan-olahraga/article/view/46420

Ihsan, N. (2018). Pengaruh Metode Bermain dan Metode Latihan Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jurnal Penjakora, 5(2). https://doi.org/10.23887/penjakora.v5i2.17352

Inzaghi, R. R. (2020). Pengambangan Model Permainan Dribbling Untuk Pembelajaran Teknik Dasar Sepak BOla di SMP. Jurnal Movement and Education, 1(1). https://doi.org/10.37150/mae.v1i1.1211

Jayanthi, N., Pinhkam, C., Dugas, L., Patrick, B., & Labella, C. (2013). Sports specialization in young athletes: evidence-based recommendations. Sport Health, 5(3). https://doi.org/10.1177/1941738112464626

Jusran, Badaru, B., Hasruddin, & Hasniah. (2022). Bahan Ajar Sepak Bola. Banten: YPSIM .

Kumbara, H. (2018). Perbedaan Variasi Latihan Juggling dan Rasio Koordinasi Mata-Kaki Terhadap Hasil Kontrol Bola dari Tendangan Jarak Jauh Sepak Bola. Halaman Olahraga Nusantara, 1(1). http://dx.doi.org/10.31851/hon.v1i1.1499

Mendrofa, F. (2021). Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1124

Mulyawati, Y., & Purnomo, H. (2021). Pentingnya Keterampilan Guru untuk Menciptakan Pembelajaran yang Menyenangkan. Elementa, 3(2). https://doi.org/10.33654/pgsd.v3i2.1317

Primasoni, N. (2017). Pedoman Melatih Sepak BOla Anak Usia Dini Berkarakter. Yogyakarta: UNY Press.

Saputra, A., Muzaffar, A., & Palmizar , A. (2018). Sepak Bola. Jambi: Salim Media Indonesia.

Wasono, F., & Tausikal, A. R. (2020). Pembelajaran Dasar Dribbling Sepak Bola dengan Pendekatan Kooperatif Team Games Tournamen pada Siswa. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 8(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive

Published
2024-01-19
How to Cite
Arif Nur Rahman, Muhsana El Cintami Lanos, & Hengki Kumbara. (2024). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TEKNIK DRIBBLE SEPAK BOLA BERBASIS PERMAINAN UNTUK SISWA SMP KOTA PALEMBANG. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 10(1), 81-89. https://doi.org/10.36728/jip.v10i1.3226