PENGARUH METODE BELAJAR DAN KEMAMPUAN MOTORIK TERHADAP HASIL PUKULAN FOREHAND TENIS PADA PEMAIN PUTERA DAN PUTERI U.10-12 KLUB TENIS SUKOHARJO TAHUN 2015

  • IWAN ARYA KUSUMA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Perbedaan pengaruh antara metode belajar dengan pendekatan bagian dan keseluruhan terhadap penempatan pukulan forehand tenis, 2) Perbedaan pengaruh antara motorik tinggi dan rendah dalam penempatan pukulan forehand tenis, 3) Interaksi antara metode belajar dengan pendekatan bagian, keseluruhan dan kemampuan motorik terhadap penempatan pukulan forehand tenis.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang terdiri dari tiga variabel, yaitu variabel independen (metode belajar), variabel dependen (kemampuan motorik), dan variabel terikat (pukulan forehand tenis).Rancangan penelitian dengan desain faktorial 2x2.Besarnya sampel yang digunakan 24 pemain putera dan puteri U.10-12 pada Klub Tenis Sukoharjo Tahun 2015. Teknik pengambilan sampel purposive random sampling.teknik analisis data adalah analisis varians(ANAVA).Uji normalitas menggunakan metode ANAVA.Uji homogenitas menggunakan uji Barlett dengan statistik  uji chi Kuadrat dengan signifikansi α = 0,05

Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan pengaruh antara metode belajar bagian dan keseluruhan terhadap hasil penempatan pukulan forehand dengan , (2) Ada perbedaan pengaruh antara kemampuan motorik tinggi dan rendah terhadap penempatan pukulan forehand dengan , (3) Ada interaksi antara metode belajar dan kemampuan motorik terhadap penempatan pukulan forehand tenis dengan.

Author Biography

IWAN ARYA KUSUMA
FKIP PKO UTP SKA
Published
2019-01-01
How to Cite
KUSUMA, I. A. (2019). PENGARUH METODE BELAJAR DAN KEMAMPUAN MOTORIK TERHADAP HASIL PUKULAN FOREHAND TENIS PADA PEMAIN PUTERA DAN PUTERI U.10-12 KLUB TENIS SUKOHARJO TAHUN 2015. Jurnal Ilmiah Spirit, 16(1). https://doi.org/10.36728/jis.v16i1.504

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>