IMPLEMENTASI MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR PENCAK SILAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MOVE COLOUR PADA SISWA PUTRA KELAS 4 DAN 5 SD IT ABU JAFAR TAHUN AJARAN 2020/2021

  • Jasmani Jasmani Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Iwan Arya Kusuma Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
Keywords: Pencak Silat, Model Pembelajaran, Ketuntasan Hasil Pembelajaran

Abstract

Abstrak

Pengabdian Masyarakat ini merupakan Pengabdian Masyarakat Tindakan Kelas (PTK). Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan dalam dua Siklus, dengan tiap Siklus terdiri atas Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Subjek Pengabdian Masyarakat terdiri siswa putra kelas 4 dan 5 SD It Abu Jafar tahun ajaran 2020/2021 berjumlah 32 siswa. Sumber data berasal dari Siswa. Pengumpulan data dengan tes unjuk kerja Ketrampilan teknik dasar pencak silat (Psikomotor), Observasi pengamatan Sikap Siswa (Afektif), dan Pengetahuan Siswa (Kognitif) yang di Rekapitulasikan selama kegiatan Proses pembelajaran berlangsung melalui model pembelajaran Move Colour. Teknik analisis data menggunakan analisis Diskriptif terhadap hasil ketuntasan hasil pembelajaran yang di dapatkan siswa. Pada Pengabdian Masyarakat kondisi awal didapatkan hasil ketuntasan pembelajaran siswa hanya 31,25 % dengan rata-rata nilai 68,68 (dibulatkan 68,7) dan setelah diadalan Tindakan I menghasilkan suatu data peningkatan siswa dalam pembelajaran teknik dasar pencak silat melalui model pembelajaran Move Colour. Ketuntasan hasil pembelajaran teknik dasar pencak silat dari Kondisi Awal ke Siklus I mengalami peningkatan sebesar 31,25 % menjadi 62,50% dengan rata-rata nilai 74,43. Dari Siklus I ke Siklus II mengalami peningkatan sebesar 18,75 % menjadi 81,25 %. Berdasarkan hasil Pengabdian Masyarakat diperoleh simpulan bahwa: melalui model pembelajaran Move Colour dapat meningkatkan hasil pembelajaran teknik dasar pencak silat pada siswa putra kelas 4 dan 5 SD It Abu Jafar tahun ajaran 2020/2021.

Published
2021-07-05