PENINGKATKAN KEMAMPUAN SENAM GULING DEPAN DENGAN PEMBELAJARAN BERVARIASI PADA SISWA KELAS IV SDN KREBET 3 MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2015/2016

  • IWAN ARYA KUSUMA

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk meningkatkan  kemampuan guling depan dengan pembelajaran yang variatif pada siswa kelas IV SDN Krebet 3 Masaran SragenTahun Ajaran 2015/2016.

Pada penelitian ini variabel bebas disebut juga sebagai prediktor dan variabel terikat yang disebut juga sebagai kriterium. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah  menggunakan teknik tes dan pengukuran. Adapun jenis tes yang digunakan adalah: (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Dokumentasi, (4) Catatan Lapangan.

Penelitian tindakan kelas dilakukan dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil pembelajaran senam lantai guling depan melalui pembelajaran bervariasi. Nilai rata-rata siswa pada kondisi awal sebesar 63,47 dengan persentase ketuntasan sebesar 19,04%. Kondisi tersebut mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu sebesar 66,87 dan persentase ketuntasan sebesar 28,57%. Namun, peningkatan tersebut masih belum mencapai target yang ditetapkan sebelumnya. Oleh karena itu penelitian dilanjutkan ke siklus II. Nilai rata-rata kemampuan senam lantai guling depan siswa kembali mengalami peningkatan sebesar 76,30 dengan persentase ketuntasan sebesar 80,95%. Hal tersebut menunjukkan bahwa target yang telah ditetapkan sebelumnya sudah tercapai sehingga penelitian dihentikan pada siklus II. Proses pembelajaran senam lantai guling depan melalui pendekatan permainan modifikasi berlangsung dinamis dan menyenangkan dan hasil pengamatan terhadap guru saat pembelajaran juga meningkat di setiap pertemuan.

Author Biography

IWAN ARYA KUSUMA
PKO FKIP UTP SKA
Published
2017-07-02
How to Cite
KUSUMA, I. A. (2017). PENINGKATKAN KEMAMPUAN SENAM GULING DEPAN DENGAN PEMBELAJARAN BERVARIASI PADA SISWA KELAS IV SDN KREBET 3 MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2015/2016. Jurnal Ilmiah Spirit, 16(2). https://doi.org/10.36728/jis.v16i2.582

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>