UPAYA PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA MELALUI SENAM POCO-POCO NUSANTARA VERSI KESEHATAN SEKECAMATAN WERU KABUPATEN SUKOHARJO

  • YUDI KARISMA SARI

Abstract

Tekanan darah merupakan indikasi terjadinya penyakit pada seseorang. Hal ini mayoritas sering terjadi karena kelebihan asupan makanan yang berlebih dalam waktu yang lama, usia,kolestrol, kegemukan, stress, keturunan atau bahkan kurangnya berolahraga maka dari itu hendaknya disiasati untuk memenuhi gaya hidup manusia. Ketidak seimbangan antara asupan energi yang melebihi energi yang digunakan sehingga terjeadi kegemukan atau kolestrol inilah yang harus dibakar melalui olahraga. Penerapan latihan senam poco-poco nusantara versi kesehatan yang tepat dalam proses penurunan tekanan darah tubuh, juga akan memberikan peluang bagi pelatih dalam memanfaatkan fasilitas secara maksimal sehingga tidak ada alasan bagi pelatih senam aerobik dengan terhambatnya proses penurunan tekanan darah pada usia lansia dan faktor kurang memadainya fasilitas sanggar senam. Latihan senam poco-poco nusantara versi kesehatan ini diharapkan mampu menurunkan tekanan darah tinggi pada tubuh yang sering diderita usia lanjut. Karena pengguna manyoritas usia senja (manula) maka teknis pelaksanaannya lebih menekankan pada intensitas rendah (low impact) dan intensitas sedang (mix impact) dengan durasi waktu cukup lama.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Penurunan Tekanan Darah Pada Lansia Melalui Senam Poco-Poco Nusantara Versi Kesehatan di Sanggar Weru Kabupaten Sukoharjo. Subjek dalam penelitian ini adalah anggota senam aerobic sekecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo yang memiliki tekanan darah tinggi. Data penelitia dikumpulkan meliputi Tes dan Observasi. Penelitian Tindakan Olahraga ini menggunakan triangulasi sumber yang terdiri dari Instruktur, senam lansia dan peneliti. Dalam proses analisis data yaitu : Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data. Penarikan simpulan.

Dari analisis data diperoleh hasil pada siklus satu terjadi peningkatan hasil tekanan darah dimana kesimpulan penurunan tekanan darah dapat disimpulkan sebagai berikut untuk peserta senam poco-poco kesehatan pada lansia dapat diprosentasekan sebagai berikut pada siklus 1 pertemuan pertama, tercatat systole penurunan 1.52% dan diastole terjadi penurunan 2.25%, siklus 1 pertemuan kedua tercatata systole penurunan 0.44% dan diastole penurunan 0.53%, siklus 2 pertemuan pertama tercatat systole penurunan 0.27% dan diastole penuruna  0.7%, siklus2 pertemuan kedua tercatat systole penurunan 0.6% dan diastole penurunan 0.7%.

Author Biography

YUDI KARISMA SARI
PKO FKIP UTP SKA
Published
2017-07-02
How to Cite
SARI, Y. K. (2017). UPAYA PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA MELALUI SENAM POCO-POCO NUSANTARA VERSI KESEHATAN SEKECAMATAN WERU KABUPATEN SUKOHARJO. Jurnal Ilmiah Spirit, 16(2). https://doi.org/10.36728/jis.v16i2.583

Most read articles by the same author(s)