UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BOLA MODIFIKASI DAN PERMAINAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KARANG TURI WONOGIRI TAHUN AJARAN 2016/2017

  • ERIEK SATYA HAPRABU

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil Pembelajaran Meningkatkan Kemampuan Passing Bawah Bola voli Pada Siswa Kelas V SD Negeri Karang Turi Wonogiri Tahun Ajaran 2016/2017 melalui penerapan pembelajaran Menggunakan Media Bola  Modifikasi  Dan Permainan Sederhana.

Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi tindakan untuk tiap siklus. Subyek penelitian adalah siswa Kelas V SD Negeri Karang Turi Wonogiri Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 28 siswa. Sumber  data untuk penelitian ini berasal dari siswa dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran kemampuan lompat katak dan pengamatan dari proses pembelajaran. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dan kuantitatif.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan pembelajaran Menggunakan Media Bola Modifikasi Dan Permainan Sederhana dapat meningkatkan hasil belajar hasil Pembelajaran Kemampuan Passing Bawah Bolavoli pada siswa dari prasiklus ke siklus satu dan dari siklus satu ke siklus dua. Dari analisis data diperoleh hasil pada siklus satu terjadi peningkatan hasil Pembelajaran Kemampuan Passing Bawah  Bola voli untuk siswa yang tuntas yaitu 75% atau 21 siswa yang tuntas. Sedangkan  pada siklus dua peningkatan hasil belajar Kemampuan Passing Bawah Bola voli sebesar 89.29% atau 25 siswa yang tuntas.

 

Author Biography

ERIEK SATYA HAPRABU
FKIP
Published
2017-01-01
How to Cite
HAPRABU, E. S. (2017). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BOLA MODIFIKASI DAN PERMAINAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KARANG TURI WONOGIRI TAHUN AJARAN 2016/2017. Jurnal Ilmiah Spirit, 17(1). https://doi.org/10.36728/jis.v17i1.706