PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN DENGAN METODE KESELURUHAN INDIVIDU DAN KESELURUHAN BERPASANGAN TERHADAP KETERAMPILAN TENDANGAN MAE GERI CHUDAN KARATE PADA DOJO INKAI WONOGIRI (Study Eksperimental pada Kohay Dojo Inkai Wonogiri Tahun 2018)

  • Teguh Andibowo
  • Eriek Satya Haprabu

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Ada perbedaan pengaruh latihan dengan metode keseluruhan individu dan keseluruhan berpasangan terhadap keterampilan tendangan mae geri chudan karate pada kohay putra Dojo Inkai Wonogiri tahun 2018. (2) Metode latihan yang lebih baik pengaruhnya antara metode keseluruhan individu dan keseluruhan berpasangan terhadap keterampilan tendangan mae geri chudan karate pada atlet putra Dojo Inkai Wonogiri tahun 2018.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan pretest – posttest design. Populasi penelitian ini kohay putra Dojo Inkai Wonogiri berjumlah 30 atlet. Sampel penelitian sebanyak 30 atlet dengan teknik total sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes pengukuran penampilan keterampilan karate (teknik tendangan mae geri). Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik, sedangkan penghitungannya menggunakan uji perbedaan dengan uji t pada taraf signifikansi 5% dan penghitungan presentase peningkatan. Untuk memenuhi asumsi hasil penelitian dilakukan uji reliabilitas dan uji persyaratan analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas.

Simpulan penelitian ini sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan dengan metode keseluruhan individu dan metode keseluruhan berpasangan terhadap keterampilan tendangan mae geri chudan karate pada kohay putra Dojo Inkai Wonogiri Tahun 2018, (t hitung = 1,5 > t tabel 5% = 2,145). (2) Metode keseluruhan berpasangan lebih baik pengaruhnya dari pada metode keseluruhan individu terhadap keterampilan tendangan mae geri chudan karate pada kohay putra Dojo Inkai Wonogiri Tahun 2018. Kelompok 1 (metode keseluruhan berpasangan) memiliki peningkatan keterampilan tendangan mae geri chudan karate sebesar 15,6%. Sedangkan kelompok 2 (metode keseluruhan individu) memiliki peningkatan sebesar 15,3%.

Author Biographies

Teguh Andibowo
fkip pko utp ska
Eriek Satya Haprabu
PKO FKIP UTP SKA
Published
2018-01-02
How to Cite
Andibowo, T., & Haprabu, E. S. (2018). PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN DENGAN METODE KESELURUHAN INDIVIDU DAN KESELURUHAN BERPASANGAN TERHADAP KETERAMPILAN TENDANGAN MAE GERI CHUDAN KARATE PADA DOJO INKAI WONOGIRI (Study Eksperimental pada Kohay Dojo Inkai Wonogiri Tahun 2018). Jurnal Ilmiah Spirit, 18(2). https://doi.org/10.36728/jis.v18i2.735

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>