PENGARUH LATIHAN STANDING SERVIS DAN JUMPING SERVIS TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS ATAS BOLA VOLI

  • TEGUH ANDIBOWO

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui Perbedaan Pengaruh Latihan Standing Servis Dan Jumping Servis Terhadap Kemampuan Servis Atas Bola Voli, dan jika ada perbedaan maka untuk mengetahui mana yang lebih baik antara Kemampuan Servis Atas Bola Voli dengan Latihan Standing Servis Dan Jumping Servis Terhadap Kemampuan Servis Atas Bola Voli.

Sampel penelitian adalah Atlit Putra Club Bola Voli Jatisrono Putra Wonogiri tahun 2017 yang berjumlah 30 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik porpusive sampling. Variabel penelitian ini yaitu hasil Kemampuan Servis Atas dengan metode Latihan Standing Servis Dan Jumping Servis sebagai variabel bebas peningkatan Kemampuan Servis Atas variabel terikat. Rancangan penelitian menggunakan pretest-posttest design. Tes Kemampuan servis atas bola voli dengan tes dari M. Yunus, (1992:202). Metode analisis data penelitian menggunakan rumus t-test yang diperhitungkan menggunakan rumus pendek.

Hasil analisis data maka simpulan diperoleh: (1) Ada Perbedaan Metode Latihan Standing Servis Dan Jumping Servis Terhadap Kemampuan Servis Atas Bola Voli. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan tes akhir masing-masing kelompok yaitu thitung =  0,9835 lebih kecil dari pada ttabel = 2,145 dengan taraf signifikasi 5%. Latihan Standing Servis lebih baik pengaruhnya dari pada Jumping Servis terhadap hasil servis atas Terhadap Kemampuan Servis Atas Bola Voli. Berdasarkan persentase peningkatan kemampuan servis atas menunjukkan bahwa kelompok 1 adalah 8,318% > kelompok 2 adalah 7,715%.

Author Biography

TEGUH ANDIBOWO
FKIP PKO UTP SKA
Published
2018-01-07
How to Cite
ANDIBOWO, T. (2018). PENGARUH LATIHAN STANDING SERVIS DAN JUMPING SERVIS TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS ATAS BOLA VOLI. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 4(2). Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/696

Most read articles by the same author(s)

> >>