ETOS KERJA DAN PROFESIONAL GURU

  • SUCI PRASASTI

Abstract

Kenyataan dilapangan sangat memprihatinkan dan mengundang berbagai pertanyaan tentang konsistensi guru terhadap profesinya. Kondisi ini cukup memprihatinkan dan apabila dibiarkan terus menerus akan mengakibatkan penurunan kualitas perilaku profesioanal guru yang berdampak terhadap kualitas pendidikan di Indonesia.

Etos kerja lebih merujuk kepada kualitas kepribadian yang tercermin melalui. unjuk kerja secara utuh dalam berbagai dimensi kehidupannya. Dengan demikian etos kerja lebih merupakan kondisi internal yang mendorong dan mengendalikan perilaku ke arah terwujudnya kualitas kerja yang ideal. Etos kerja guru yang tinggi akan mempengaruhi kualitas pendidikan dan perilaku profesinya.

Begitu pentingnya peranan dan tugas guru sehingga perlu adanya perhatian khusus dalam bentuk pelatihan dalam bidang pengetahuan dan ketrampilan baru yang disesuaikan dengan perkembangan jaman. Selain itu perlu adanya penghargaan dan pengakuan terhadap profesi guru sehingga akan meningkatkan etos kerja yang positif dan rof melaksanakan tugas dan kewajiban secara rofessional.

Author Biography

SUCI PRASASTI
BK FKIP UTP SKA
Published
2017-10-02
How to Cite
PRASASTI, S. (2017). ETOS KERJA DAN PROFESIONAL GURU. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 3(2). Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/589

Most read articles by the same author(s)

> >>