PENGARUH PERMAINAN GAME 3 ON 3 DENGAN METODE LATIHAN INDIVIDU TERHADAP PASSING BAWAH PADA PEMAIN BOLA VOLI PUTRI KLUB PUBEK BEKANGAN KECAMATAN NOGOSARI KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2023

  • Isnaini Novita Ramadani Universitas Tunas Pembangunan Surakarata
  • Muh. Ikhwan Iskandar Universitas Tunas Pembangunan Surakarata
  • Widagdo Universitas Tunas Pembangunan Surakarata
Keywords: Passing bawah, Permainan 3 on 3, Penelitian Tindakan Olaharaga, Perbaikan Siklus

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis metode Permainan Game 3 on 3 dengan metode latihan untuk meningkatkan Passing Bawah Pemain bola Voli Putri.  Dalam penelitian ini objek yang dipergunakan adalah Klub Pubek Bekangan kecamatan Nogosari dapat mempresentatifkan terhadap penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Olaharaga dengan memperbaiki setiap siklus pembelajaran mengikuti teori Kurt Lewin yakni Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Analisis Reflektif dengan menggunakan Siklus I dan Siklus II dalam penyelesaiaan Penelitian ini. Sampel penelitian berjumlah siswa 34 orang.

Menurut hasil analisis Reflektif dari Siklus I dan Siklus II .Pembelajaran yang telah dilaksanakan menunjukan kemajuan terlihat dari hasil peningkatan nilai setiap siklusnya dari pra siklus nilai rata rata 6, meningkat pada Siklus I menjadi 6,47 tetapi hasil tersebut tidak cukup memuaskan, dilakukan di Siklus II nilai rata rata siswa bisa mencapai 7,08 dikatakan Tuntas. Perbaikan Passing bawaah dilakukan mulai dari ulangan format siswa yang rendah menggunakan metode permainan game 3 on 3 nilai siswa menjadi meningkat didukung dengan metode latihan individu. Pengajaran dengan menggunakan permainan Game 3 on 3 dapat menjadikan pembelajaran Passing Bawah bola voli pada siswa lebih baik, siswa lebih antusias dan merasa senang dalam mengikuti pembelajaran yang dilaksanakan dan terlihat tidak bosan. 

Published
2024-01-31