PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN METODE PASSING ATAS CONTINYU DAN INTERVAL TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PASSING ATAS BOLAVOLI ATLET PUTRA USIA 14-17 TAHUN KLUB BOLAVOLI KASUS BOYOLALI TAHUN 2024

  • Muchammad Alfan Hidayat Universitas Tunas Pembangunan Surakarata (UTP)
  • Eriek Satya Haprabu Universitas Tunas Pembangunan Surakarata (UTP)
  • Pipit Fitria Yulianto Universitas Tunas Pembangunan Surakarata (UTP)
  • Rustam Yulianto Universitas Tunas Pembangunan Surakarata (UTP)
  • Dwi Gunadi Universitas Tunas Pembangunan Surakarata (UTP)
Keywords: latihan passing, continyu, interval

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan pengaruh latihan metode latihan passing atas continyu dan interval terhadap peningkatan ketrampilan passing atas dalam permainan bolavoli pada atlet putra usia 14-17 Tahun  Klub Bolavoli Kasus Boyolali Tahun 2024, dan jika ada perbedaan maka untuk mengetahui mana yang lebih baik antara Latihan Metode latihan Passing Atas Continyu Dan Interval Terhadap Peningkatan Ketrampilan Passing Atas Dalam Permainan Bolavoli Pada Atlet Putra Usia 14-17 Tahun  Klub Bolavoli Kasus Boyolali Tahun 2024. Sampel penelitian adalah Pada Atlet Putra Usia 14-17 Tahun  Klub Bolavoli Kasus Boyolali dengan jumlah 30 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik porpusive sampling. Variabel penelitian ini yaitu hasil keterampilan passing atas dengan latihan passing atas continyu dan interval sebagai variabel bebas serta hasil keterampilan passing atas variabel terikat. Rancangan penelitian menggunakan pretest-posttest design. Tes untuk mengetahui keterampilan passing atas menggunakan tes keterampilan passing atas menggunakan petunjuk pelaksanaan tes dari Departemen Pendidikan Nasional (2016:10). Metode analisis data penelitian menggunakan rumus t-test yang diperhitungkan menggunakan rumus pendek. Hasil analisis data maka simpulan diperoleh: (1) Adaperbedaan pengaruh yang signifikan antara metode latihan passing atas continyudan latihan passing atas intervalterhadap kemampuan passing atasdalam permainan bolavoli pada atlet putra usia 14-17 Tahun  Klub Bolavoli Kasus Boyolali Tahun 2024. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan tes akhir masing-masing kelompok yaitu thitung = 3.725 lebih besar dari pada ttabel= 2,145 dengan taraf signifikasi 5%. (2) Latihan metode latihan passing atas interval lebih baik pengaruhnya daripada metode latihan passing atas continyu terhadap kemampuan passing atas dalam permainan bolavoli pada atlet putra usia 14-17 Tahun Klub Bolavoli Kasus Boyolali Tahun 2024. Berdasarkan persentase peningkatan kemampuan Passing atas dalam permainan bolavoli menunjukkan bahwa kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan dengan Metode Latihan Passing Atas continyu) adalah 23.024%< kelompok 2 (kelompok yang mendapat Latihan Passing Atas interval) adalah 22.896%.

Published
2025-02-14