PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN SHUTTEL RUN DAN ZIG-ZAG TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN DRIBBLING DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA SISWA PUTRA USIA 12-15 TAHUN SSB PANDAWA PEDAN KLATEN TAHUN 2024
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui Perbedaan Pengaruh Latihan Driblling Shuttel Run Dan Zig-zag Terhadap Peningkatan Keterampilan Dribbling Dalam Permainan Sepakbola Pada Siswa Putra Usia 12-15 Tahun SSB Pandawa Pedan Klaten Tahun 2024, dan jika ada perbedaan maka untuk mengetahui mana yang lebih baik antara Latihan Driblling Shuttel Run Dan Zig-zag Terhadap Peningkatan Keterampilan Dribbling Dalam Permainan Sepakbola Pada Siswa Putra Usia 12-15 Tahun SSB Pandawa Pedan Klaten Tahun 2024. Sampel penelitian adalah Pada Atlet SSB Pandawa Pedan Klaten dengan jumlah 30 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Variabel penelitian ini yaitu hasil keterampilan dribbling dengan latihan Driblling Shuttel Run dan Zig-Zag sebagai variabel bebas serta hasil keterampilan dribbling variabel terikat. Rancangan penelitian menggunakan pretest-posttest design. Tes untuk mengetahui keterampilan dribbling menggunakan tes keterampilan dribbling menggunakan petunjuk pelaksanaan tes dari Nur Hasan (2001: 157). Metode analisis data penelitian menggunakan rumus t-test yang diperhitungkan menggunakan rumus pendek. Hasil analisis data maka simpulan diperoleh: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara Metode Latihan Driblling Shuttel Run dan Zig-zag Terhadap Keterampilan Dribbling dalam permainan sepakbola pada atlet SSB Pandawa Pedan Klaten Tahun 2024. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan tes akhir masing-masing kelompok yaitu thitung = 3.025 lebih kecil dari pada ttabel= 2,145dengan taraf signifikasi 5%. (2) Latihan Metode Zig-zag lebih baik pengaruhnya dari pada metode Latihan Driblling Shuttel Run Terhadap Keterampilan Dribbling dalam permainan sepakbola pada atlet SSB Pandawa Pedan Klaten Tahun 2024. Berdasarkan persentase peningkatan keterampilan dribbling dalam permainan Sepak Bola menunjukkan bahwa kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan dengan Latihan Metode Driblling Shuttel Run ) adalah 8.156%> kelompok 2 (kelompok yang mendapat Latihan Zig-zag) adalah 7.888%.