PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PKn TENTANG PERJUANGAN MERAIH KEMERDEKAAN MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF SCRIPT PADA PESERTA DIDIK KELAS VISD NEGERI 1 MENDURAN SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2016/2017

  • Wiwik Winarni

Abstract

ABSTRAK

Tujuan  penelitian ini adalah untuk  meningkatkan hasil belajar PKn bagi peserta didik kelas VI SD Negeri1 Menduran UPTD Pendidakan Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2016/2017, melalui pendekatan pembelajaran kooperatif Script.

Penelitian  ini  adalah  penelitian  tindakan  kelas  yang  dilakukan  dua  siklus  dan setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VISDNegeri1 Menduran UPTD Pendidikan Kecamatan Brati Kabupaten  Grobogan Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah penelitian pada siklus I dan siklus II dengan instrumen lembar evaluasi dan lembar observasi.

Instrumen ini untuk mengumpulkan analisis data dengan menggunakan deskriptif komparatif dengan membandingkan hasil dalam setiap siklus dengan kondisi awal atau PraSilkus.

Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  penerapan  Kooperatif Script dapat meningkatkan hasil belajar PKn. Peningkatan itu  dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar peserta didik dari setiap siklus. PraSiklus rata-rata nilai 67,50, Siklus I rata-rata nilai 78,00 dan siklus II rata-rata nilai 88,50

 

Kata kunci :     Hasil belajar, Pembelajaran kooperatif, Pendekatan Pembelajaran Script

Published
2017-07-29