PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PKn TENTANG PERJUANGAN MERAIH KEMERDEKAAN MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF SCRIPT PADA PESERTA DIDIK KELAS VISD NEGERI 1 MENDURAN SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstrak
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn bagi peserta didik kelas VI SD Negeri1 Menduran UPTD Pendidakan Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2016/2017, melalui pendekatan pembelajaran kooperatif Script.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dua siklus dan setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VISDNegeri1 Menduran UPTD Pendidikan Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pada siklus I dan siklus II dengan instrumen lembar evaluasi dan lembar observasi.
Instrumen ini untuk mengumpulkan analisis data dengan menggunakan deskriptif komparatif dengan membandingkan hasil dalam setiap siklus dengan kondisi awal atau PraSilkus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kooperatif Script dapat meningkatkan hasil belajar PKn. Peningkatan itu dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar peserta didik dari setiap siklus. PraSiklus rata-rata nilai 67,50, Siklus I rata-rata nilai 78,00 dan siklus II rata-rata nilai 88,50
Â
Kata kunci :Â Â Â Â Hasil belajar, Pembelajaran kooperatif, Pendekatan Pembelajaran Script
