UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PASSING ATAS BOLA VOLI MELALUI METODE KOOPERATIF PADA SISWA KELAS VII MTS MATHOLI’UL HUDA KECAMATAN PUCAKWANGI KABUPATEN PATI

  • Miftachul A’la Universitas Wahid Hasyim
  • Liska Sukiyandari Universitas Wahid Hasyim

Abstract

            Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran passing atas bola voli melalui metode pembelajaran kooperatif pada siswa kelas VII MTs Matholi’ul Huda. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualititatif. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan pelaksanaan penelitian meliputi tes awal (pre test), dilanjutkan pemberian program latihan atau perlakuan setelah program latihan selesai yang terakhir dilaksanakan post test. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A sebanyak 16 siswa.

             Hasil Tes unjuk kerja pada kondisi awal dengan hasil pada Siklus I menunjukkan peningkatan. Dari 16 siswa mencapai kriteria (KKM) pada kondisi awal 4 siswa menjadi 8 siswa pada sikus I.  Sedangkan  siswa  yang  belum  mencapai  kriteria  (KKM) 12 siswa menjadi 8 siswa pada siklus I. Hasil penelitian pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 14 siswa telah mencapai kriteria (tuntas) belajar passing atas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan passing atas bola voli siswa kelas VII A MTs Matholi’ul Huda mengalami peningkatan, sehingga dapat diimplikasikan oleh guru dalam proses pembelajaran, perlu memberikan variasi pembelajaran (metode, strategi, model atau pendekatan pembelajaran) agar hasil pembelajaran siswa meningkat dan siswa tertarik mengikuti materi pembelajaran yang diajarkan guru.

Kata Kunci : Metode pembelajaran kooperatif, passing atas, bola voli.

Published
2022-07-30