IMPLEMENTASI KOMPONEN FISIK DENGAN KETERAMPILAN SEPAKBOLA PADA PEMAIN PUTRA USIA 9-11 TAHUN SSB SAFO JOMBLO SLOGOHIMO WONOGIRI

  • Teguh Andibowo PKO FKIP UTP Surakarta
  • Kodrad Budiyono

Abstract

ABSTRAK

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada tanggal 14-15 Maret 2020 pukul 08.00-17.00 WIB bertempat di lapangan sepakbola Safo jomblo. Peserta berjumlah 25 atlit. Peserta sangat antusias untuk mengikuti materi pelatihan. Sebelum praktek diberikan, secara singkat peserta diberikan materi tentang sejarah perkembangan olahraga sepakbola yang sudah sangat bermasyarakat, selain itu teknik dasar permainan olahraga sepakbola dan latihan Komponen fisik sepakbola dapat meningkat.

Metode yang digunakan adalah dengan bentuk kegiatan dalam pelatihan olahraga sepakbola ini dengan menggunakan pendekatan langsung, demontrasi, diskusi, praktek dan evaluasi terhadap serapan dari atlit yang ikut langsung di lokasi yaitu di lapangan sepakbola Safo jomblo, dengan teori dan langsung praktek di dilapangan.

Pelatihan ini diberikan supaya peserta mengetahui dan memahami tentang penerapan latihan fisik dalam peningkatan keterampilan sepakbola dengan benar, sehinga dapat menunjang pencapaian prestasi sepakbola yang optimal. Materi yang saya sampaikan pada kegiatan ini adalah mengenai teknik dasar permainan olahraga sepakbola dan program latihan komponen fisik untuk penunjang kemampuan sepakbola.

Kata Kunci: sepakbola,komponen kondisi fisik, pemain usia 9-11

Published
2020-07-30