PENERAPAN METODE VAK ( VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK ) TERHADAP KETERAMPILAN PUKULAN LOB BULUTANGKIS

  • Joko Sulistyono Universitas Tunas Pembangunan
Keywords: Latihan, Bulutangkis, VAK

Abstract

Abstrak. Pembinaan prestasi bulutangkis UTP Surakarta adalah salah satu tempat latihan para atlet prestasi bulutangkis UTP Surakarta yang terdiri dari beberapa kelompok pemain bulutangkis diantaranya tunggal, ganda dan campuran. Dalam pengabdian masyarakat ini, berlangsung pada 6 maret 2019 sampai 6 Mei 2019 dihadiri 19 peserta. Kegitan berupa penyampaian materi dan praktek langsung implementasi model latihan metode VAK dalam menunjang prestasi atlet khusunya pembinaan prestasi bulutangkis UTP Surakarta dalam peningkatan keterampilan lob bulutangkis. Dalam menghasilkan keterampilan lob bulutangkis dan teknik yang maksimal pada pembinaan prestasi bulutangkis UTP Surakarta, peserta dibagi dalam 3 kelompok terdiri dari kelompok visual, audio dan kinestetik. Setiap kelompok melakukan praktek langsung setelah diberikan penjelasan oleh tim pelaksana kegiatan pengabdian masyarakat. Hasil praktek setiap sesi pertemuan dilakukan pendampingan evaluasi secara terstruktur. Hasil kegiatan pengabdian ini diantaranya:

  1. Implementasi model latihan VAK ( Visual , Auditori , Kinestetik ) dalam menunjang prestasi mahasiswa atlet bulu tangkis pembinaan prestasi di UTP Surakarta dapat dipahami atlet, asisten pelatih dan pelatih.
  2. Pelatih dan asisten pelatih mampu lebih mudah dalam membuat Program latihan yang mengkombinasikan metode VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) dalam menghasilkan kemampuan teknik lob yang maksimal pada mahasiswa atlet bulu tangkis pembinaan prestasi UTP Surakarta.
Published
2024-04-27