PELATIHAN PENERAPAN MICROSOFT TEAMS FOR EDUCATION SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN DARING UNTUK GURU-GURU SD NEGERI SINDON DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Ninda Beny Asfuri Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Aan Budi Santoso Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
Keywords: Microsoft Teams, Pembelajaran Daring, Covid-19

Abstract

Abstrak

SDN 01 Sindon, Ngemplak, Boyolali telah melaksanakan daring. Berdasarkan observasi, pembelajaran daring dilaksanakan dengan grup WA, materi dan tugas pembelajaran dikirim melalui WA group. Guru dan siswa berkomunikasi secara tertulis. Interaksi antara guru dan siswa atau antar sesama siswa sangat kurang, sehingga hasil belajar belum sesuai harapan. Solusinya dengan menerapkan Microsoft Teams pada pembelajaran daring. Microsoft Teams merupakan hubungan digital yang menyatukan percakapan, konten, penugasan dan aplikasi di satu tempat. Dengan microsoft Teams, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang dinamis. Siswa dan guru dapat berkomunikasi dan melakukan percakapan seperti tatap muka langsung. Guru dapat melacak kemajuan siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan fitur-fitur yang ada. Tujuan dari PPM ini adalah meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan guru-guru SDN 01 Sindon dengan memberi pelatihan mengenai penerapan microsoft teams dalam pembelajaran daring dan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar serta mengerjakan tugas sehingga nilai siswa menjadi meningkat. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penyuluhan, pelatihan dan pendampingan. Guru-guru SDN 01 Sindon mengalami peningkatan pesat sebesar 97 % dalam hal pemahaman serta penguasaan microsoft teams for education dalam pembelajaran daring kategori sangat baik. Kerjasama serta motivasi dan semangat  guru-guru SDN 01 Sindon sangat luar biasa.

Published
2021-07-05