IMPLEMENTASI PENERAPAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 23 MAKASSAR

  • Nurhidayatullah D STKIP Andi Matappa Pangkep
  • Erwan SMA Kartika Wirabuana Makassar
  • Abdul Wahid STKIP Andi Matappa Pangkep
Keywords: Teknik Mind Mapping; Kebiasaan Belajar Siswa

Abstract

Abstrak

 Penelitian ini menelaah Penerapan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Kebiasaan Belajar Siswa SMP Negeri 23 Makassar. Masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah gambaran kebiasaan belajar siswa SMP Negeri 23 Makassar? (2) Bagaimanakah gambaran pelaksanann teknik mind mapping untuk meningkatkan kebiasaan belajar siswa di SMP Negeri 23 Makassar? (3) Apakah penerapan Teknik Mind Mapping dapat meningkatkan kebiasaan belajar siswa di SMP Negeri 23 Makassar? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) gambaran kebiasaan belajar siswa SMP Negeri 23 Makassar (2) gambaran pelaksanaan teknik mind mapping untuk meningkatkan kebiasaan belajar siswa SMP Negeri 23 Makassar (3) untuk meningkatkan kebiasaan belajar siswa di SMP Negeri 23 Makassar dengan menggunakan teknik mind mapping. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kebiasaan belajar siswa SMP Negeri 5 Parepare sebelum diterapkan teknik mind mapping berada pada kategori “rendah”. (2) Pelaksanaan teknik mind mapping yang terdiri dari 3 tahapan yang sama pada setiap pertemuannya dan berjalan sesuai dengan skenario yaitu, tahap pertama persiapan dengan memaparkan langkah-langkah teknik mind mapping serta latihan membuat mind mapping. Tahap kedua yaitu memaparkan hasil mind mapping yang telah dibuat. Tahap ketiga yaitu evaluasi atau tidak lanjut yaitu menyimpulkan hasil kegiataan yang telah dilaksanakan, (3) Penerapan teknik mind mapping secara signifikan dapat meningkatkan kebiasaan belajar siswa SMP Negeri 23 Makassar.

Published
2021-07-07