IMPLEMENTASI GERAKAN 5M SAAT BEROLAHRAGA PADA SITUASI PANDEMI COVID 19 di SURAKARTA

  • Sunjoyo Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Satrio Sakti Rumpoko Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
Keywords: Gerakan 5M, Implementasi, Olahraga

Abstract

Abstrak

Kasus Covid-19 di Indonesia secara grafik masih belum terkendali. Mengurangi dari penyebaran virus covid 19, penerapan protokol kesehatan menjadi salah satu carayang digunakan untuk melindungi diri dari virus covid 19. Langkah yang telah digunakan pemerintah Indonesia salah satunya yaitu sosialisasi gerakan 3M yakni menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan.

Pengabdian ini mempunyai tujuan: 1) Menerapkan protokol kesehatan gerakan 5M saat berolahraga (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, dan Mengurangi mobilitas), 2) memberikan pengetahuan kepada masayarakat manfaat gerakan 5M saat berolahraga, 3)Meningkatkan kesehatan tubuh melalui aktivitas olahraga.

Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini dengan penyuluhan pada masyarakat yang melakukan aktivitas olahraga. Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada bulan Maret 2021. Dari hasil pengabdian ini, masyarakat menjadi paham tentang fungsi dan manfaat dari Gerakan 5 M ini. Meskipun dalam aktivitas berolahraga, masyarakat juga tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan Gerakan 5 M.

Published
2021-08-02