PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA PANDEMI DI SMA NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN TAHUN AJARAN 2020/2021

  • Nora Alisa Pulungan Universitas Al-Wasliyah Labuhan Batu
  • Tamin Ritonga Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Keywords: Penerapan, Pendidikan Karakter,Pandemi

Abstract

Abstrak

Pendidikan karakter menjadi awal upaya untuk membentuk karakter yang menjadi dasar agar berguna untuk dirinya dan sekitarnya. kebijakan daring ini, maka peserta didik mengalami perubahan serta kebiasaan yang berbeda, yang biasanya dilakukan di sekolah sekarang beralih di rumah masing-masing. Pengabdiaan ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan deskriptif studi kasus. Pengumpulan data pada pengabdian ini dilakukan dengan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengabdian  ini bertujuan untuk mengetahui gambaran informasi terkait program PPK yang dilakukan sekolah dasar di Sitinjak. pemerintah perlu melakukan beragam kebijakan untuk menerapkan pendidikan karakter saat musim pandemic COVID-19. Teknik analisa yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru kelas 1,2 dan 3, dan orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter pada masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 2 Padangsidimpuan dilaksanakan melalui pembelajaran jarak jauh yaitu dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam setiap muatan pelajaran, keteladanan dari orang tua di rumah, dan komunikasi dengan orang tua.

Published
2021-08-02