PELATIHAN ENTREPRENEURSHIP MAHASISWA MENGHADAPI ERA NEW NORMAL COVID-19

  • Rif’iy Qomarrullah Universitas Cenderawasih
  • Lestari Wulandari S Universitas Cenderawasih
  • Muhlisin Universitas Wahid Hasyim
Keywords: Entrepreneurship, New Normal, Covid-19

Abstract

Abstrak

Pelatihan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan mahasiswa di era “new normal” melalui pelatihan strategi pemasaran entrepreneurship new normal covid-19. Mahasiswa diharapkan mampu bertahan dan menghasilkan daya saing produk atau jasa yang mampu bersaing dalam persaingan yang kompetitif. Metode pelaksanaan program pengabdian ini dilakukan dengan melakukan identifikasi dini terhadap mahasiswa yang terkait dengan permasalahan dan kendala yang dihadapi mahasiswa. Kegiatan dilaksanakan secara daring di Universitas Yapis Papua dan Universitas Wahid Hasyim Semarang, dengan melibatkan 40 orang, dan evaluasi kegiatan menggunakan kuesioner, dan tanya jawab. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa secara kognitif, afektif dan psikomotor memiliki peningkatan secara rata-rata, selain itu pelatihan dilakukan untuk memberikan nilai tambah dan meningkatkan berbagai strategi pemasaran yang meliputi 4P (product, place, price dan promotion). Oleh karena itu, kedua belah pihak melaksanakan program dengan tiga langkah yaitu persiapan materi, pelatihan atau sosialisasi. Rekomendasi yang dapat diberikan yakni perlunya peningkatan kualitas pendidik, media dan peningkatan motivasi belajar mahasiswa.

Published
2021-08-05