PENDAMPINGAN LITERASI DAN NUMERASI MELALUI BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN DI SD N KETELAN SURAKARTA

  • Eny Kusumawati Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Donosuko DP Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
Keywords: literasi dan numerisasi, literasi dan numerisasi, bimbingan dan konseling

Abstract

Abstract

Literacy and numeracy abilities are the minimum abilities that children must have in order to carry out the learning process. However, it was found that the literacy and numeracy skills of elementary school age children at SD N Ketelan Surakarta are quite low. This is due to the lack of motivation, independence, and learning patterns that do not encourage children to carry out learning activities. The implementation of guidance and counseling services is a solution to improve students' literacy and numeracy abilities. This community service aims to assist children by providing guidance and counseling with various literacy and numeracy activities so that they become more motivated to learn and gain knowledge.

The result of this activity is that children become very enthusiastic in participating in the various numeracy literacy programs that are provided. This can be seen from the active participation of each child during the activity. Therefore it is very necessary to continue meaningful activities to improve children's numeracy literacy at SD N Ketelan Surakarta.

Keywords: literacy and numeracy, guidance and counseling

Abstrak

Kemampuan literasi dan numerasi merupakan kemampuan minimum yang harus dimiliki anak agar dapat melaksanakan proses belajar. Namun didapati bahwa kemampuan literasi dan numerasi anak usia Sekolah Dasar di SD N Ketelan Surakarta cukup rendah. Hal ini dikarenakan minimnya motivasi, kemandirian, dan pola pembelajaran yang kurang mendorong anak untuk melakukan aktivitas belajar. Pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling menjadi solusi untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerisasi siswa. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mendampingi anak-anak dengan melakukan bimbingan dan konseling dengan berbagai kegiatan literasi dan numerasi sehingga menjadi lebih termotivasi untuk belajar dan menambah pengetahuan.

Hasil dari kegiatan ini adalah anak-anak menjadi sangat bersemangat dalam mengikuti berbagai program literasi numerasi yang diberikan. Hal ini terlihat dari partisipasi aktif setiap anak saat kegiatan berlangsung. Oleh karena itu sangat diperlukan keberlanjutan dari kegiatan bermakna untuk meningkatkan literasi numerasi anak-anak di SD N Ketelan  Surakarta.

Kata Kunci: literasi dan numerisasi, bimbingan dan konseling

Published
2023-07-18