PENGUATAN KAPASITAS COACHING BAGI PENGAWAS SD PENGGERAK SEBAGAI TRANSFORMASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA
Abstract
Artikel ini menegaskan pentingnya coaching sebagai strategi pengembangan profesional dalam mendukung transformasi pendidikan, serta menguraikan hasil dari program pengabdian masyarakat yang bertujuan meningkatkan kompetensi coaching pengawas SD Penggerak di Kabupaten Bantul. Metode yang digunakan meliputi pelatihan interaktif, pendampingan lapangan, serta evaluasi formatif dan sumatif. Pelatihan ini melibatkan 8 pengawas SD. Pendekatan yang digunakan adalah andragogy. Kegiatan pelatihan dilakukan melalui pelatihan intensif yang berfokus pada peningkatan kemampuan pengawas sekolah dalam mendengar aktif, mengajukan pertanyaan berbobot, memberdayakan coachee, serta mengatasi hambatan dalam proses coaching, serta penyusunan rencana tindak lanjut refleksi coaching. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata skor post-test sebesar 25% dibandingkan pre-test, yang mencerminkan peningkatan signifikan pada pemahaman dan keterampilan peserta dalam menerapkan metode coaching yang akurat dan inovatif. Secara kualitatif, peserta melaporkan perubahan pola pikir dan kemampuan supervisi yang lebih kolaboratif dan partisipatif. Selain itu, pengawas sekolah mampu merancang strategi tindak lanjut yang mendukung inovasi kepala sekolah dalam memajukan kualitas satuan pendidikan. Kegiatan ini juga berdampak pada hubungan kerja antara pengawas, kepala sekolah, dan guru yang menjadi lebih harmonis. Keunggulan program ini terletak pada pendekatan berbasis kebutuhan dan praktik langsung yang relevan dengan tantangan lapangan. Namun, keterbatasan waktu pelatihan menjadi kendala yang memerlukan pendampingan lanjutan.