PRAKTIK ASESMEN DALAM RANGKA MENGEMBANGKAN FISIK MOTORIK ANAK DI TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN TAPA KABUPATEN BONE BOLANGO PROVINSI GORONTALO

  • Marsa Cikitra Universitas Negeri Gorontalo
  • Maghfira R. Mustapa Universitas Negeri Gorontalo
  • Nunung Suryana Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Praktik asesmen, Kemampuan fisik motorik anak

Abstract

Kegiatan Pengabdian ini bertujuan untuk mempraktikan asesmen (penilaian) pada anak dalam mengembangkan kemampuan fisik motorik anak di TK Negeri Pembina Kecamatan Tapa, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. Kegiatan ini menggunakan metode praktik langsung (demonstrasi) dan observasi dalam melakukan asesmen kepada anak di TK Negeri Pembina Tapa kelas A. Indikator asesmen dalam kegiatan tersebut meliputi  kegiatan yang berkaitan dengan fisik motorik anak yang terdiri dari menempel, mengkolase, megelompokan, melompat, berlari, dan memanjat.  Diharapkan dari kegiatan pengabdian ini, kemampuan fisik motorik anak dapat dinilai secara autentik dan pentingnya stimulasi dilakukan secara terus menerus diikuti dengan asesmen  agar kemampuan fisik motorik anak  dapat terpantau dan berkembang secara optimal. Pelaksanaan kegiatan ini dimulai dengan kegiatan pembuka, dilanjutkan dengan kegiatan inti, dan diakhiri dengan kegiatan penutup. Hasil pelakanaan kegiatan pengabdian ini sesuai dengan tujuan yang diharapkan yaitu praktik asesmen pada anak dengan instrumen yang tepat dapat mengembangkan kemampuan fisik motorik anak. Jadi dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian dengan tema praktik asesmen dalam rangka  mengembangkan kemampuan fisik motorik anak telah berjalan dengan baik dan lancar.

Published
2025-03-24