SOSIALISASI ANALISIS SWOT UNTUK CP, TD, DAN APT DALAM KURIKULUM MERDERKA 

  • Luncana Faridhoh Sasmito Universitas Tunas Pembangunan Surakarata (UTP)
  • Mohammad Ali Yafi Universitas Tunas Pembangunan Surakarata (UTP)
  • Iftika Miftahul Arzaqi Universitas Tunas Pembangunan Surakarata (UTP)
  • Alfito Widiansyah Universitas Tunas Pembangunan Surakarata (UTP)
Keywords: swot analisis, kurikulum merdeka

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan analisis SWOT dalam Kurikulum Merdeka untuk membantu siswa memahami potensi diri mereka. Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas dalam pembelajaran yang berpusat pada siswa, dengan menempatkan guru sebagai fasilitator yang berperan penting dalam mendukung pengembangan keterampilan, pengetahuan, dan sikap siswa. Melalui metode Participatory Action Research (PAR) dalam pengabdian masyarakat, penelitian ini melibatkan guru dan siswa dalam penerapan analisis SWOT untuk menilai kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi siswa dalam proses belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis SWOT meningkatkan kesadaran siswa terhadap potensi diri, memperbaiki motivasi belajar, serta mendorong penerapan strategi belajar yang lebih terstruktur. Selain itu, peran guru dalam memfasilitasi pembelajaran berbasis analisis SWOT membantu siswa mengembangkan kemandirian dan meningkatkan performa akademis. Namun, terdapat beberapa hambatan dalam implementasinya, seperti kurangnya refleksi mandiri siswa. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan lebih lanjut bagi guru dan siswa untuk memaksimalkan manfaat analisis SWOT dalam pembelajaran.

Published
2025-04-22