SOSIALISASI STIMULASI KREATIFITAS PADA ANAK MENGGUNAKAN METODE PAR MELALUI ROLE PLAYING
Abstract
Kreativitas anak merupakan elemen penting dalam perkembangan kognitif, sosial, dan emosional mereka. Pada era digital ini, anak-anak sering terpapar media elektronik yang dapat membatasi interaksi sosial serta eksplorasi kreatif. Salah satu metode yang efektif dalam merangsang kreativitas adalah melalui permainan role playing. Permainan ini memungkinkan anak untuk berimajinasi, berkolaborasi, serta memahami berbagai peran dalam konteks sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR) yang melibatkan anak, guru, dan orang tua untuk mengintegrasikan role playing dalam proses belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ini dapat meningkatkan kreativitas, keterampilan sosial, dan pemahaman nilai moral anak, khususnya melalui skenario cerita rakyat "Kancil Mencuri Timun". Peningkatan terjadi pada aspek imajinasi, keterampilan berkomunikasi, kemampuan bekerja sama, serta pemahaman anak terhadap kejujuran dan konsekuensi tindakan. Kegiatan ini juga melibatkan guru dan orang tua, yang mulai lebih menyadari pentingnya peran permainan dalam pembelajaran. Dengan demikian, permainan role playing berbasis PAR ini efektif dalam mengembangkan kreativitas dan karakter anak sejak dini melalui pembelajaran yang partisipatif dan menyenangkan.