SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN PENGUATAN LITERASI DAN NUMERASI DI SATUAN PENDIDIKAN BERBASIS RAPORT PENDIDIKAN (DAMPAK POSITIF SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN PENGUATAN LITERASI DAN NUMERASI DI SATUAN PENDIDIKAN)

  • Eny Kusumawati Universitas Tunas Pembangunan Surakarata (UTP)
  • Erik Teguh Prakoso Universitas Tunas Pembangunan Surakarata (UTP)
  • Enisa Indriya Safitri Universitas Tunas Pembangunan Surakarata (UTP)
  • Rona Izul Islami Universitas Tunas Pembangunan Surakarata (UTP)
  • Indah Lestari Universitas Tunas Pembangunan Surakarata (UTP)
  • Affiyani Pramono Universitas Tunas Pembangunan Surakarata (UTP)
Keywords: literacy, numeracy, training, mentoring, basic education

Abstract

Kemampuan literasi dan numerasi merupakan kompetensi dasar yang sangat penting bagi siswa dan guru untuk mendukung keberhasilan pembelajaran di berbagai jenjang pendidikan. Namun, hasil survey PISA menunjukkan bahwa kemampuan literasi dan numerasi di Indonesia masih rendah. Kondisi ini juga ditemukan di SD Muhammadiyah 13, di mana guru dan siswa menghadapi berbagai tantangan dalam pembelajaran berbasis literasi dan numerasi. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kompetensi guru dalam menerapkan strategi pembelajaran literasi dan numerasi serta meningkatkan kemampuan siswa melalui sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan. Metode yang digunakan meliputi tiga tahapan utama, yaitu sosialisasi, pelatihan dan pendampingan, serta monitoring dan evaluasi. Guru dilatih untuk menyusun RPP berbasis literasi dan numerasi, sementara siswa diajak berpartisipasi dalam kegiatan membaca dan berhitung yang interaktif dan menyenangkan. Hasil dari kegiatan ini memberikan dampak positif terhadap penguatan literasi dan numerasi di SD Muhammadiyah 13. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman guru tentang literasi dan numerasi, penggunaan media pembelajaran yang lebih kreatif, serta penerapan pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif. Di sisi lain, siswa mengalami peningkatan kemampuan literasi dan numerasi. Minat siswa terhadap pembelajaran juga meningkat secara signifikan.

 

Published
2025-04-22