PENDAMPINGAN PENINGKATAN PERKEMBANGAN FINGER PAINTING DI RA AL-HIJRAH DWIPA KARYA

  • Khairul Akbar Universitas Muhammadiyah Luwuk
  • Miftahul Jannah Universitas Muhammadiyah Luwuk
  • Trisia Jawaba Universitas Muhammadiyah Luwuk
  • Vera Safira Laedo Universitas Muhammadiyah Luwuk
  • Nursila Maladjai Universitas Muhammadiyah Luwuk
  • Septiawan Al Qadri Wowiling Universitas Muhammadiyah Luwuk
Keywords: Pendampingan, Finger Painting, Keterampilan Motorik, Kreativitas, Pendidikan Anak Usia Dini.

Abstract

Pendampingan peningkatan keterampilan seni lukis pada anak-anak di RA Al-Hijrah Dwipa Karya dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan keterampilan motorik halus, kreativitas, dan kepercayaan diri melalui teknik finger painting. Finger painting memungkinkan anak-anak untuk mengekspresikan diri secara bebas, mengembangkan imajinasi, serta mengenal berbagai warna dan bentuk. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakatini adalah pendekatan partisipatif dengan memberikan pendampingan langsung melalui sesi latihan, demonstrasi, dan praktik. Evaluasi dilakukan dengan mengamati perkembangan keterampilan anak dalam menghasilkan karya finger painting sebelum dan sesudah pendampingan. Hasil observasi menunjukkan bahwa meskipun sebagian besar anak menunjukkan minat rendah pada beberapa kegiatan, mereka lebih aktif dalam kegiatan finger painting. Keterlibatan aktif anak meningkat setelah pendampingan, meskipun terdapat tantangan dalam pengelolaan kelas yang perlu diatasi dengan pendekatan yang lebih relevan dengan minat anak. Simpulan pengabdian kepada masyarakatini adalah kegiatan pendampingan dapat meningkatkan keterampilan motorik halus, kreativitas, dan partisipasi anak dalam pembelajaran seni. Oleh karena itu, pendekatan kreatif yang responsif terhadap kebutuhan anak sangat penting untuk mendukung proses belajar yang optimal.

Published
2025-04-23