STRATEGI KOMUNIKASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT PERTAMINA PATRA NIAGA AFT ADI SUMARMO DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PADA KELOMPOK BINAAN POKMAS NGUDI TIRTO LESTARI DESA SOBOKERTO, KEC. NGEMPLAK, KAB. BOYOLALI

  • Andrea Ilham Prakoso Universitas Sebelas Maret
  • Siti Fatonah CDO PT Pertamina Patra Niaga AFT Adi Sumarmo
  • Dewangga Cipta Mahendra CDO PT Pertamina Patra Niaga AFT Adi Sumarmo
Keywords: Corporate Social Responsibility (CSR), Community Empowerment, Inclusive Communication

Abstract

Program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilaksanakan oleh PT Pertamina Patra Niaga AFT Adi Sumarmo di Desa Sobokerto, melalui kelompok Pokmas Ngudi Tirto Lestari, menonjolkan pendekatan komunikasi yang sistematis, inklusif, dan berbasis pada partisipasi aktif masyarakat. Strategi komunikasi yang diterapkan mencakup berbagai tahapan, mulai dari pendekatan awal yang ramah dan penuh penghormatan kepada pemerintah desa dan masyarakat, hingga sosialisasi yang melibatkan berbagai pihak terkait. Proses ini bertujuan untuk menciptakan sinergi yang kuat serta membangun hubungan yang saling percaya, yang penting untuk kesuksesan program CSR. Hasil monitoring dan evaluasi yang dilakukan menunjukkan tingkat keberhasilan yang signifikan, tercermin dari nilai indeks kepuasan masyarakat yang tinggi serta pengukuran Social Return Of Investment (SROI) yang positif. Program ini berhasil meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat, mengatasi masalah lingkungan, dan memperkenalkan solusi berkelanjutan seperti pembuatan pupuk organik, biogas dan energi listrik dari enceng gondok. Meskipun menghadapi tantangan dalam dinamika sosial, komitmen yang kuat terhadap evaluasi dan penyesuaian program memastikan relevansi dan efektivitasnya. Keberhasilan ini tidak hanya meningkatkan kualitas hidup masyarakat, tetapi juga memperkuat citra positif PT Pertamina Patra Niaga AFT Adi Sumarmo di mata publik sebagai perusahaan yang peduli terhadap kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan.

Published
2025-04-23