PEMBOROSAN BIAYA PEMBANGUNAN AK1BAT PENULANGAN YANG TIDAK SESUAI ATURAN TEKNIK

  • TRI HARTANTO
Abstract views: 75 , FULLTEKS ISI downloads: 172

Abstract

Membangun berarti mengatur dan aturan tersebut dapat dicerminkan dalam setiap proses tahapan pembangunan. Aturan pokok ini merupakan dasar-dasar dari segala kegiatan membangun yang selalu dipikirkan oleh manusia.Beberapa pemikiran tentang aturan-aturan untuk membangun yang sudah banyak dilakukan, diantaranya .menentukan tiga pokok dasar, yaitu : firmitas ( kekukuhan,stabilitas), utilitas (kenyamanan), dan venustas (keindahan dalam arsitektur).

Jikalau kita ingin menentukan pokok bentuk struktur bangunan man tidak mau kita harus menerapkan aturan teknis.Kita bisa mulai misalnya, dengan bahan bangunan (batu alam, batu buatan, kayu, baja, beton bertulang dan sebagainya), atau kita memperhatikan konstruksinya (pondasi, dinding, atap dan sebagainya). Pengaturan yang integral dalam bidang fungsi/tugas, bentuk, dan teknik membutuhkan aturan baru yang berkesinambungan dan yang mewujudkan ketergantungan antara konstruksi dengan bentuk danfungsi atau sebaliknya.

Perkembangan tercapai oleh perubahan teknologi dalam pembangunan, oleh perubahan konstruksi bangunan, oleh bahan bangunan yang baru, oleh pengetahuan baru dalam fisika bangunan, perbaikan cara membangun, dan oleh penggunaan peralatan pembangunan yang baru. Dengan adanya perkembangan ini, perwujudan bentuk struktur bangunan akan berubah. Aspekyang bersifat indah dan bermutu tinggi dalam arsitektur tidak akan berubah, tetapi aspek yang bersifat teknologis akan berkembang terus.

Author Biography

TRI HARTANTO
FT UTP SKA
Published
2010-06-12
How to Cite
HARTANTO, T. (2010). PEMBOROSAN BIAYA PEMBANGUNAN AK1BAT PENULANGAN YANG TIDAK SESUAI ATURAN TEKNIK. Jurnal Teknik Sipil Dan Arsitektur, 8(12). Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JTSA/article/view/321

Most read articles by the same author(s)