METODE PENANGANAN KONFLIK DALAM PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI SURAKARTA

  • HERMAN SUSILA

Abstract

Kota Surakarta merupakan kota yang sedang berkembang, salah satu strategi dan  prioritas pembangunan yang dilaksanakan pemerintahan kota Surakarta dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat luas adalah peningkatan infrastruktur kota, rehabilitasi bangunan pasar tradisional dan pemberdayaan pedagang pasar, serta gedung-gedung pemerintah fasilitas pelayanan publik. Dalam pelaksanaan pembangunan tersebut banyak permasalahan yang terjadi, terbukti  sebanyak 30 proyek Pemkot yang dibiayai dana alokasi khusus (DAK) dan APBD 2007 tidak memenuhi target waktu (Pemkot Surakarta,2009). Hal ini menunjukkan bahwa dalam tahap pelaksanaan proyek di Surakarta banyak terjadi konflik yang salah satu akibat dari konflik tersebut adalah penyelesaian pekerjaan yang tidak sesuai dengan waktu yang telah ditentukan .

Dalam tahap pelaksanaan proyek konstruksi melibatkan banyak pihak yang saling berinteraksi satu dengan yang lainnya. Perbedaan-perbedaan tujuan, pandangan, pendapat dari masing-masing pihak akan dapat menimbulkan konflik. Konflik tersebut harus segera diselesaikan dengan cara yang tepat untuk meminimalkan pengaruh buruk terhadap keberhasilan proyek. Oleh karena itu, metode penanganan konflik yang tepat menjadi sangat penting untuk dilakukan.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui bagaiman metode penanganan konflik yang sering digunakan dalam pelaksanaan proyek konstruksi gedung di Surakarta. Data diperoleh melalui survei kuesioner dengan responden yang diteliti adalah kontraktor, konsultan pengawas dan owner pada tingkat manajemen menengah yang pernah terlibat dalam pelaksanaan pembangunan konstruksi gedung. Analisis dilakukan dengan mencari frekuensi dari hasil jawaban responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada tahap pelaksanaan konstruksi, metode yang sering digunakan untuk menyelesaikan konflik yang terjadi pada sumber konflik akibat kontrak dan spesifikasi, sumber daya manusia, manajemen dan organisasi unsur - unsur proyek, keadaan proyek, biaya dan perbedaan kultur adalah sama yaitu dengan menggunakan pendekatan problem solving.

Author Biography

HERMAN SUSILA
FT UTP SKA
Published
2012-12-16
How to Cite
SUSILA, H. (2012). METODE PENANGANAN KONFLIK DALAM PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI SURAKARTA. Jurnal Teknik Sipil Dan Arsitektur, 12(16). Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JTSA/article/view/374

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>