DEGRADASI FUNGSI RTH KAWASAN PERUMAHAN WONOREJO SURAKARTA PADA KONDISI THERMAL LINGKUNGAN

  • ABITO BAMBAN YUUWONO
Abstract views: 168 , PDF downloads: 202

Abstract

Ruang terbuka hijau (RTH) pada kawasan perumahan sesuai amanat undang-undang wajib disediakan pertama bertujuan guna menjaga keseimbangan alam dan lingkungan antara lain dapat digunakan sebagai daerah penyangga guna penyerapan/peresapan air tanah, sebagai sarana penyerapan karbon dioksida sekaligus sebagai sarana penyediaan oksigen melalui proses fotosintesis oleh tanaman penghijauan yang ditanam pada ruang terbuka hiajau (RTH), guna menyerap radiasi sinar matahari / mengurangi tingkat kesilauan, sebagai ruang publik masyarakat sekitarnya yang dapat menjadi sarana ruang interaksi sosial, sebagai sarana berolah raga, berrekreasi atau hanya sekedar bersantai dsb.

Kawasan perumahan pasca huni secara umum akan terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu, Seiring perkembangan jumlah penduduk, peningkatan kebutuhan akan ruang, peningkatan kondisi sosial ekonomi, dan sebagainya hal ini seringkali telah mendorong terjadinya pergeseran / perubahan fungsi ruang terbuka hijau pada kawasan perumahan, hal ini sangat menarik untuk diteliti guna mengetahui seberapa besar dampak pengaruhnya terhadap penurunan kualitas lingkungan hunian.

Obyek penelitian adalah RTH pada dikawasan perumahan Wonorejo Surakarta, dimana kawasan  perumahan ini telah dihuni lebih dari lima belas tahun, dan setelah limabelas tahun pasca huni ini telah banyak sekali terjadi / mengalami perubahan / pergeseran yang sangat nyata, terutama perubahan / pergeseran fungsi pada ruang terbuka hijaunya yang tidak sesuia amanat undang-undang..

Guna mengetahui perubahan kondisi thermal pada Penenelitian ini akan dilaksanakan dengan mengkomparasikan data hasil pengamatan kondisi lingkungan pada tahun 2018 dengan hasil pengamatan lingkungan pada tahun 2003 kemudian dianalisis guna mengetahui seberapa besar perubahan kondisi thermal lingkungan yang terjadi.

Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa degradasi perubahan fungsi ruang terbuka hijau (RTH) pada kawasan perumahan wonorejo telah memicu terjadinya perubahan kondisi thermal lingkungan.

Author Biography

ABITO BAMBAN YUUWONO
FT UTP SKA
Published
2018-07-03
How to Cite
YUUWONO, A. B. (2018). DEGRADASI FUNGSI RTH KAWASAN PERUMAHAN WONOREJO SURAKARTA PADA KONDISI THERMAL LINGKUNGAN. Jurnal Teknik Sipil Dan Arsitektur, 23(27). Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JTSA/article/view/755